Situasi Terminal Purabaya Didominasi Penumpang Pekerja

Sidoarjo, liniindonesia.com – Pasca Larangan mudik lebaran, penumpang di Terminal Purabaya (Bungurasih) terjun bebas, hanya ada total ratusan penumpang dari yang biasanya mencapai puluhan ribu penumpang.

Kepala UID Terminal Bungurasih Imam Hidayat mengatakan tak ada puncak arus balik pemudik. Karena, terminal setiap harinya sepi. Pada H+4 lebaran kondisi terminal mulai ada peningkatan penumpang.

Bacaan Lainnya

“Nggak ada puncak arus balik, masih sepi, tapi hari ini tadi mulai sedikit ada peningkatan penumpang. Mungkin karena pekerja sudah mulai aktif sepenuhnya,” kata Imam, Senin (18/5/21).

Selain itu, Imam mengatakan rata-rata penumpang maupun bus mengalami penurunan imbas larangan mudik dari pemerintah. Dirinya menyebut penumpang bus rerata merupakan penumpang nonmudik seperti pekerja.

“Iya rata rata turun drastis, belum kelihatan ada puncak arus balik karena penumpang masih didominasi pekerja,” imbuhnya.

Pada hari H lebaran Idul Fitri, penumpang yang turun di Terminal Bungurasih totalnya hanya 85 orang. Sedangkan yang naik bus dari terminal hanya 122 orang. Untuk jumlah bus yang datang ke terminal ada 21. Namun, bus yang berangkat hanya 17.

Sementara pada hari kedua lebaran pada Jumat (14/5), Imam mengatakan penumpang mengalami kenaikan tak signifikan. Penumpang tujuan Terminal Bungurasih ada 185, lalu yang berangkat dari terminal hanya 141 orang. Sedangkan bus yang datang hanya 28 dan bus yang berangkat dari terminal ada 18 bus.

Imam merinci pada Sabtu (15/5), penumpang yang turun ada 265 orang. Sementara yang naik bus ada 269. Untuk jumlah bus yang membawa penumpang ke terminal Bungurasih ada 32. Lalu, jumlah bus yang berangkat dari terminal hanya 40.

Sedangkan pada Minggu (16/5), penumpang yang turun di Terminal Bungurasih naik menjadi 483 orang. Sedangkan yang naik bus dari terminal hanya 494 orang. Lalu, jumlah bus yang datang ada 47 dan jumlah bus yang berangkat dari terminal hanya 55 bus.

Jika jumlah penumpang dibagi dengan jumlah bus, rata-rata bus hanya mengangkut empat hingga 10 penumpang. Padahal, kapasitas bus mencapai 50 hingga 60 penumpang.

Meskipun ada ratusan penumpang yang turun hingga naik dari Terminal Bungurasih, namun angka ini termasuk kecil. Karena, rata-rata penumpang di hari biasa sebelum COVID-19, mencapai 28.300 penumpang yang berangkat dari terminal dan 29.000 penumpang yang turun di terminal. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *