De Jong Selamatkan Barcelona Dari Kekalahan

De Jong Selamatkan Barcelona Dari Kekalahan (Istimewa)

Jakarta, Lini Indonesia – Barcelona hampir menelan kekalahan dalam derby Katalunya melawan Espanyol.

Mereka harus bersusah payah menahan imbang Espanyol dengan skor 2-2 dalam jornada ke-24 Liga Spanyol 2021-2022 di Cornella-El Prat stadium, Senin (14/2/2022) dini hari WIB. 

Bacaan Lainnya

Barcelona sempat memimpin lebih dahulu lewat gol Pedri. Namun, Espanyol bangkit dan membalikkan skor berkat gol Sergi Darder dan Raul de Tomas. Luuk de Jong menjadi penyelamat Barca dari kekalahan lewat golnya di menit-menit akhir pertandingan.

Berkat hasil ini, Barcelona naik ke peringkat emat dengan poin 39, sedangkan Espanyol menduduki posisi 13 dengan perolehan poin 28.

Barcelona dalam kepercayaan diri tinggi usai dua kemenangan beruntun, termasuk atas Atletico Madrid pekan lalu. Oleh karenanya, Barcelona kembali menurunkan tim terbaiknya.

Mengandalkan Adama Traore, Gavi, dan Ferran Torres di depan, Barcelona sudah memimpin di menit kedua saat Jordi Alba menusuk dari sisi kiri dan melepaskan umpan tarik ke tiang jauh. Di sana ada Pedri yang mudah saja mencocor bola masuk ke gawang Diego Lopez. 

Espanyol lantas merespons gol tersebut lewat serangan cepat di menit keenam. Mendapat bola muntah di depan gawang, Raul de Tomas menyepaknya tapi masih melebar.

Barcelona berupaya menambah gol tapi beberapa kali upaya masih gagal. Termasuk lewat sepakan voli Adama Traore di menit ke-37 yang menyambut umpan Gavi yang melebar dari sasaran.

Semenit kemudian giliran Ferran Torres yang menyundul bola umpan silang Alba dan melayang di atas mistar.

Espanyol menyamakan skor 1-1 ketika Raul de Tomas mengecoh Ronald Araujo di kotak penalti, sebelum mengumpan kepada Darder. Darder melepaskan diri dari kawalan untuk melepaskan sepakan ke pojok kanan gawang Marc-Andre Ter Stegen. Skor imbang 1-1 pun bertahan hingga turun minum.

Kembali dari kamar ganti, laga berlangsung cukup ketat sampai Gavi mencetak gol pada menit ke-57. Namun, VAR menganulir gol ini karena Frenkie de Jong lebih dahulu offside.

Alih-alih kembali memimpin, Barcelona justru balik tertinggal pada menit ke-64 setelah De Tomas sukses membobol gawang Marc-Andre ter Stegen usai lolos dari jebakan offside.

Barcelona pun berupaya keras untuk menyamakan skor di sisa laga. Namun, pasukan asuhan Xavi dibuat kesulitan untuk menembus pertahanan tuan rumah.

Di akhir laga, Gerard Pique dan Nico Ribaudo sama-sama mendapat kartu kuning kedua alias kartu merah karena bersitegang. 

Usai kejadian itu, Barcelona secara mengejutkan mengubah suasana di atas lapangan. Luuk de Jong mampu menyelamatkan muka Blaugrana lewat gol telatnya pada menit 90+6 sekaligus mebantu rekan-rekannya meraih satu poin. Skor 2-2 pun menjadi hasil akhir laga ini.

Tambahan satu poin membuat Barcelona berada di posisi keempat klasemen dengan 39 poin dari 23 laga. Sementara itu, Espanyol di posisi ke-13 dengan 28 poin.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *