Pendaftaran SNMPTN Dibuka Hari ini, Berikut Info Lengkapnya

Ilustrasi Sumber Instagram LTMP Official

Jakarta, Lini Indonesia – Pendaftaran Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) resmi dibuka mulai hari ini Senin, 14 Januari 2022 pukul 15.00 WIB. Dijadwalkan pendaftaran akan berlangsung sampai dengan 28 Februari 2022.

SNMPTN merupakan jalur seleksi pertama yang dibuka untuk siswa/siswi SMA kelas 12 yang akan melanjutkan pendidikannya ke jenjang Perguruan Tinggi Negeri. Setelah SNMPTN selesai dilaksanakan peserta SMA dapat mengikuti seleksi selanjutnya seperti SBMPTN dan seleksi mandiri.

Untuk dapat mengikuti seleksi SNMPTN ini, siswa/siswi harus memenuhi beberapa persyaratan. Adapun persyaratan itu seperti memiliki akun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), siswa/siswi masuk dalam kuota yang sudah ditentukan, hingga terdaftar dalam Portal Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

Berdasarkan sosialisasi yang disiarkan melalui youtube LTMPT OFFICIAL pada Minggu, (13/2/2022), registrasi akun LTMPT untuk siswa/siswi sudah dibuka sejak 10 Januari hingga 15 Februari 2022. Kemudian dilanjutkan dengan penetapan siswa/siswi yang memenuhi syarat oleh pihak sekolah yang dilakukan mulai 4 Januari sampai 8 Februari 2022. Serta pengisian PDSS yang dimulai sejak 8 Januari sampai 8 Februari 2022.

Hasil SNMPTN ini akan diumumkan pada 29 Maret 2022. Bagi siswa/siswi yang lolos di SNMPTN tidak dizinkan mendaftar seleksi UTBK SBMPTN, jadi bagi peserta yang lolos harus mengambil hasil dari seleksi SNMPTN tersebut.

“Saya tekankan sekali lagi bahwa adik-adik yang sudah diterima dijalur SNMPTN tidak diizinkan mendaftar UTBK SBMPTN, baik yang angkatan 2022 maupun yang sudah diterima jalur SNMPTN tahun 2021 maupun 2020 jadi sudah tertutup tidak boleh ya untuk mendaftar UTBK SBMPTN,” ujar Direktur Eksekutif LTMPT, Prof. Dr. Budi P. Widyobroto.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *