Kemendikbudristek Terbitkan Rapor Pendidikan untuk Ukur Keberhasilan

Jakarta, Lini Indonesia – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menerbitkan program Rapor Pendidikan untuk mengukur keberhasilan pendidikan di Indonesia. 

“Rapor pendidikan merupakan cara Kemendikbudristek untuk mendorong terjadinya pergeseran paradigma dalam evaluasi belajar ke arah kualitas proses dan hasil belajar,” jelas Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Nasional Kemendikbudristek Anindito Aditomo dalam acara Silaturahmi Merdeka Belajar dikutip dari Youtube Kemendikbud RI, Senin (18/4/2022). 

Bacaan Lainnya

Rapor tersebut merupakan hasil dari Asesmen Nasional (AN) 2021 dan analisis data lintas sektor. 

Dijelaskannya, data utama dalam Rapor Pendidikan adalah hasil belajar yang berfokus pada kompetensi literasi, numerasi, serta karakter peserta didik. 

“Yang diperlukan oleh semua peserta didik adalahkemampuan dalam memahami bacaan, penyelesaian masalah untuk matematika sederhana, dan karakter yang ada di dalam profil Pelajar Pancasila,” paparnya.

Disampaikannya, kompenen lainnya yang diukur dalam Rapor Pendidikan adalah iklim pembelajaran di sekolah, dimensi keamanan, dan dimensi kebinekaan. 

“Jadi apakah peserta didik merasa bahwa gurunya peduli dan memperhatikan proses pembelajaran mereka, apakah peserta didik merasa aman di sekolah, merasa diterima walaupun identitas budayanya bervariasi, itu menjadi hal penting,” katanya.

Selain itu, tambahnya, ada banyak kelompok indikator lainnya yang tidak kalah penting dalam pembelajaran seperti terkait aktivitas belajar, pengelolaan sekolah, dan kompetensi guru. 

“Rapor Pendidikan ini adalah data yang sangat kaya. Jadi kepala sekolah dan kepala dinas betul-betul bisa mendapatkan potret yang sangat komprehensif tentang kondisi pendidikan di sekolah atau daerahnya,” urai Anindito.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *