Sekilas Sejarah HIPMI: Sosok Teuku Syahrul, Saudagar Aceh Pendiri Anteve Dibalik Berdirinya HIPMI

Jakarta, Lini Indonesia – Perayaan 50 Tahun Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) yang berlangsung di Plenary Hall, Jakarta Convention Centre, Jumat (10/6/2022) kemarin terasa istimewa. Selain dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), acara perayaan tersebut juga diisi dengan Apkasi Expo, Museum HIPMI, Business Matching, hingga Indonesia Young Leader Forum. Juga pemberian penghargaan kepada sembilan pendiri Hipmi.

Yaitu Abdul Latief, Siswono Yudo Husodo, Teuku Sjahrul, Datuk Hakim Tantawi, Badar Tando, Irawan Djajaatmadja, Hari Sjamsudin Mangaan, Pontjo Sutowo, dan Mahdi Diah.Menariknya, di antara sembilan nama itu terdapat satu putra Aceh, yaitu Teuku Syahrul.

Bacaan Lainnya

Penghargaan diserahkan kepada istrinya Pocut Haslinda binti Teuku Abdul Hamid Azwar.
Dia hadir didampingi kedua putranya, Teuku Riefky Harsya dan Teuku Rafly Pasya. Ya, Teuku Syahrul merupakan ayah dari Teuku Riefky, Anggota DPR RI dapil Aceh yang juga menjabat sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Demokrat.

Berdasarkan data yang dihimpun, melansir serambinews, cukup jarang sekali artikel yang mengulas tentang sosok Teuku Syahrul.

Tetapi keterlibatannya dalam mendirikan Hipmi, menunjukkan bahwa Teuku Syahrul termasuk tokoh yang diperhitungkan.

Nama lengkapnya adalah Teuku Syahrul Mudadalam, lahir tanggal 9 Februari 1939 di Seulimuem, Aceh Besar. Ayahnya Teuku Syamsudin Panglima Meugoe Muda (Bambi-Unoe), dan ibunya Hj Pocut Ainal Mardiah (Seulimuem).Teuku Syahrul menikah dengan Hj Dato Pocut Haslinda binti Teuku Abdul Hamid Azwar (Samalanga) pada 16 September 1970 di Jakarta.

Dari pernikahan itu lahir Teuku Riefky Harsya, Teuku Rafly Pasya, Cut Intan Fitra Syafira, Cut Modilla Natasya, dan Teuku Marvi Marsya. Teuku Syahrul meninggal dunia pada 1 Januari 2004. Teuku Syahrul merupakan seorang pebisnis yang belakangan terjun ke dunia politik.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *