Jemaah Asal Cianjur Meninggal di Madinah

Madinah, Lini Indonesia – Seorang jemaah haji Indonesia asal Cianjur, Jawa Barat, meninggal dunia pada Rabu (15/6/2022) malam. Jemaah meninggal dunia adalah Hasbullah bin Burhan, usia 58 tahun.

Kepala Klinik Kesehatan Haji Indonesia, dr Enny Nuryanti mengatakan, penyebab almarhum Burhan meninggal dikarenakan dehidrasi.

Bacaan Lainnya

“Jemaah wafat yang kelima kasus dehidrasi,” kata Kepala Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI), dr Enny Nuryanti, kepada tim Media Center Haji (MCH), Kamis (16/6/2022).

Dr Enny menjelaskan, saat berada di penginapan, jemaah sempat mendapat pertolongan dokter. Namun, dikarenakan belum menunjukkan tanda-tanda membaik, jemaah dibawa ke Rumah Sakit Arab Saudi.

“Setelah dilakukan penanganan, 30 menit kemudian meninggal dunia,” ujarnya.

Belajar dari kasus dehidrasi yang dialami Hasbullah, Dr Enny kembali mengimbau jemaah agar tidak memandang enteng manfaat minum air putih. Jemaah bahkan diimbau untuk tidak menunggu haus, dan segera minum air yang banyak.

“Minum setiap jam 200 ml, tambahkan oralit untuk elektrolit dalam tubuh,” katanya.

Wafatnya Hasbullah menambah daftar jemaah haji yang meninggal di Madinah menjadi lima orang. Pertama, Suhati Rahmat Ali dari embarkasi JKG-1, lalu Bangun Lubis Wahid dari embarkasi PDG-4, Bawuk binti Karso Samirun embarkasi SUB-4, Muslim Abdul Wahab Salam embarkasi BTJ-1. Terakhir Hasbullah bin Burhan, embarkasi JKS-16.

Dalam kesempatan yang sama, Enny menambahkan sejak beroperasi per 4 Juni lalu, tercatat 105 jemaah mendatangi KKHI. Dari jumlah itu, sebanyak 45 jemaah dirawat inap, sedangkan 60 rawat jalan.

“4 Orang dirujuk ke rumah sakit Madinah, 3 di antaranya sudah kembali ke Kloter. Sementara 1 orang masih dirawat dengan diagnosa ACS (Acute coronary Cyndrome) dengan indikasi rujukan perlu adanya pemasangan PCI (Percutaneous Coronary Intervention) atau pemasangan ring jantung, saat ini akan dilakukan Angiografi di Rumah Sakit King Fahd Madinah,” tandasnya. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *