KBIHU Jabal Nur MUHAMMADIYAH Sidoarjo Sukses Menghajikan ABK

KBIHU Jabal Nur MUHAMMADIYAH Sidoarjo Sukses Menghajikan ABK (Foto Istimewa)

Sidoarjo, Lini Indonesia – Jamaah Haji Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah Jabal nur Sidoarjo sebagaimana jamaah haji yang lainnya telah melaksanakan kewajiban Haji. KBIHU Jabal Nur ini satu satunya milik muhammadiyah. Berada pada kloter surabaya 25. Keberhasilan melaksanakan kewajiban haji dengan itibak pada Rosulullah saw.

pada tahun 2022 bertepatan dengan tahun 1443 ini kbihu Jabal nur memberangkatkan jamaah haji sebanyak 87 jamaah dari 167 jamaah yang semestinya berangkat. Namun dikarenakan adanya kebijakan tentang keberangkatan haji yaitu 50% dari kondisi normal,  maka jamaah yang berangkat di pangkas menjadi 50% dengan pembatasan usia maksimal 65 % dan urutan porsi.

Bacaan Lainnya

Pembimbing yang diamanahi untuk mendampingi jamaah adalah Dr. Ir. Jamaaluddin, MM juga sebagai wakil dekan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo bersama Petugas Haji Daerah Imam Mahfudzi S. Ag., M. Fil.

Ada kekhususan pada jamaah haji KBIHU Jabal Nur tahun ini. Diantara jamaahnya terdapat Anak berkebutuhan Khusus (autis) Muhammad Zaki (20 tahun). Sejak pada saat manasik zaki sudah menunjukkan tingkah laku sebagaimana ABK. namun alhamdulillah pemateri manasik, pengurus dan seluruh jamaah dapat memahaminya.

Bahkan saat keberangkatan yaitu di asrama haji sempat terjadi insiden kecil yang menyebabkan perhatian tertumpah pada zaki. Sehingga dokter kloter dr. Ajra Fitri Binti Zakaria Ali, dokter asrama haji pun mencoba untuk mendalami zaki. Pihak penerbangan hampir memutuskan tidak diijinkan berangkat. Namun alhamdulillah setelah dilakukan observasi dan wawancara oleh dokter maka diputuskan zaki tetap berangkat.

zaki tidak sendirian dalam melakukan ibadah haji dia bersama kakak dan ayah ibunya. dr. Ajra Fitri melihat perhatian yang diberikan oleh pihak keluarga dan seluruh jamaah dapat meyakinkan penerbangan bahwa zaki dapat dikondisikan.

“Rasa syukur yang mendalam kepada Allah dan terima kasih kepada semua jamaah utamamya pembimbing haji yang telah dapat mengayomi dan mengkondisikan Zaki “ucap Lutfi ayah Zaki saat dikonfirmasi melalui seluler Sabtu (30/07/2022).

Diceritakan oleh  Lutfi pernah ada kejadian yang agak menegangkan ketika thawaf wada’. pada putaran terakhir karena kelelahan zaki berteriak. hal ini menyebabkan perhatian jamaah dan beberapa asykar menghampirinya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *