Update Erupsi Gunung Marapi: 11 Pendaki Meninggal Dunia Akibat Terjebak

Jakarta, Lini Indonesia – Sebanyak 11 orang pendaki Gunung Marapi di Provinsi Sumatera Barat ditemukan meninggal dunia pada Senin (4/12/2023). Sementara itu, tiga pendaki lainnya ditemukan selamat.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Basarnas Padang, Abdul Malik. Namun belum diketahui secara pasti identitas para korban tersebut.

Bacaan Lainnya

“Hingga pukul 07.00 WIB tadi sudah ditemukan 11 pendaki dalam keadaan MD (Meninggal Dunia). Sedangkan tiga orang lainnya selamat,” ujar Kepala Basarnas Padang, Abdul Malik, Senin (4/12/2023).

Berdasarkan data dari Basarnas Padang, setidaknya ada 75 pendaki yang terjebak saat Gunung Marapi erupsi pada Minggu (3/12/2023) sore. Sebanyak 49 orang berhasil dievakuasi dengan selamat pada Minggu (03/12/2023) malam.

Abdul Malik mengatakan sebagian dari korban langsung dilarikan ke rumah sakit di Padang Panjang dan Bukittinggi.

Sementara itu, Kepala Pos Pengamatan Gunung Marapi, Ahmad Rifandi, menyebutkan hingga saat ini status Gunung Marapi masih dalam level waspada. Ia pun mengimbau agar masyarakat tidak mendekati wilayah yang rawan terdampak erupsi.

Selain itu, PVMBG juga mengimbau masyarakat memakai masker bila keluar rumah jika terjadi hujan abu. Masyarakat juga diimbau mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang tebal agar tidak roboh.(NA)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *