Nilai Tukar Rupiah Melemah, Ini Dampaknya Bagi Dunia Industri

“Perusahaan-perusahaan yang produksinya berkurang karena ekspornya berkurang karena kondisi ekonomi global yang tidak bisa dihindarkan itu. Dan mungkin ada pengaruh juga ya isu tentang Palestina-Israel juga mengurangi produksi Perusahaan,” kata Ida, ditemui di Kompleks DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (13/6/2024).

Atas kondisi ini, pihaknya terus melakukan dialog dengan perusahaan-perusahaan yang berada di dalam lingkup tersebut. Kementerian Ketenagakerjaan juga berupaya untuk membantu mencarikan jalan keluar.

Read More

“Jika ada perusahaan yang akan melakukan PHK, tentu yang kami dorong adalah benar-benar PHK itu sebagai jalan terakhir. Upaya-upaya yang lain kita minta untuk terus dilakukan, efisiensi, kemudian mengedepankan dialog, itu tetap kita dorong benar-benar,” tegasnya.

Ida juga mengklaim, tidak sedikit perusahaan-perusahaan yang sudah punya tanda-tanda akan mengalami PHK memilih untuk berkonsultasi terlebih dulu dengan Kemnaker. Menurutnya ari hasil komunikasi itu, banyak yang memilih tidak jadi melakukan PHK.

Namun demikian, apabila setelah upaya-upaya tersebut dilakukan tetapi perusahaan terkait tetap mengambil langkah PHK, pihaknya akan memastikan gar hak-hak pekerja terpenuhi.(*)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *