Kronologi Penangkapan WNI Usai Bawa Narkoba 1,5 Kg di Osaka Jepang

Adapun dugaan bahwa Revi adalah pekerja yang bermasalah diungkapkan oleh akun instagram klarifikasi_saya dengan nama Erika, yang mengaku kenalan Revi. Akun tersebut sengaja ia buat baru-baru ini untuk klarifikasi. Karena ia sempat dihujat terlibat dalam kasus Revi yang semula diduga hilang.

Ia menulis, membantu Revi agar stamp banned yang dikeluarkan imigrasi Malaysia kepada Revi bisa dihapus. “Karena paspor Revi stamped banned dari Malaysia dua kali, karena dicurigai kerja ilegal di Malaysia,” tulis akun tersebut.
Seseorang yang mendapat stamp banned artinya ia masuk daftar blacklist untuk masuk ke wilayah negara itu. Judha tidak bisa mengkonfirmasi kebenaran fakta yang dikatakan akun tersebut, karena data blacklist suatu negara bersifat rahasia dan hanya dimiliki oleh negara yang bersangkutan.

Read More

Menurut Judha, secara umum termasuk di Malaysia, stamp banned tidak bubuhkan di paspor fisik seseorang. Melainkan, tercatat lewat sistem keimigrasian. Blacklist itu pun memiliki kurun waktu tertentu. Jadi, selama seseorang masih masuk dalam daftar yang aktif, secara hukum ia dilarang memasuki negara tersebut.(*)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *