Kontroversi di Balik Penundaan Drawing Ganda Putra Badminton Olimpiade Paris 2024

Paris, Lini Indonesia – Drawing nomor ganda putra badminton untuk Olimpiade Paris 2024 ditunda, sementara drawing untuk empat nomor lainnya tetap dilakukan sesuai jadwal.

Badminton World Federation (BWF) mengumumkan hal ini melalui rilisan resmi. Seharusnya, drawing ganda putra dijadwalkan pada Jumat (12/7/2024) pukul 15.00 WIB seperti sektor lainnya.

Read More

BWF menyatakan, “Mengacu pada sidang yang digelar Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS), BWF akan melakukan pengundian untuk nomor ganda putra pada tanggal lain yang belum dapat dikonfirmasi.”

Penundaan ini terkait dengan keputusan CAS yang merekomendasikan pengecualian untuk pasangan Ronan Labar/Lucas Corvee agar bisa berpartisipasi di Olimpiade Paris 2024. Keputusan ini membuat jumlah peserta di nomor ganda putra menjadi 17 pasangan.

Masalah ini bermula dari kesalahan penghitungan poin yang dilakukan BWF selama periode kualifikasi Olimpiade.

Awalnya, Labar/Corvee berada dalam zona kualifikasi untuk Olimpiade. Namun, setelah perbaikan kesalahan tersebut, pasangan Christo Popov/Toma Junior Popov, yang merupakan rekan senegara mereka, memiliki poin lebih tinggi. Popov bersaudara berada di peringkat 37, sementara Labar/Corvee di posisi 38.

Labar/Corvee kemudian mengajukan protes kepada BWF, tetapi tidak berhasil. Mereka membawa kasus ini ke CAS dan mendapatkan keputusan positif bahwa mereka berhak ikut serta dalam Olimpiade.(NA)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *