Momen Siswa SD di Solo Uji Coba Makan Siang Gratis di SDN Tugu-Solo

Menunya sudah memenuhi 4 sehat 5 sempurna, ada nasi, lauk, buah juga ada, dan susu,” ujarnya. Terkait uji coba makan siang tersebut, pihak sekolah juga menyiapkan tempat cucu tangan dan tisu.

Menurut Nuning, sebelum ada uji coba makan siang, Nuning mengatakan, para siswanya kurang memperhatikan gizi dari konsumsi makanannya. “Konsumsi anak-anak biasanya itu dari rumah hanya dibawakan nasi, sosis goreng, atau nugget gitu dan juga air putih atau minuman berwarna,” urainya. Nuning menjelaskan bahwa uji coba program makan siang gratis di SDN 120 Tugu Jebres bakal berlangsung selama 12 hari mulai Kamis ini sampai pekan depan.

Nuning juga menjelaskan terkait sistem pemesanan makanannya dilakukan secara pribadi dari tiap sekolah dengan memesan paket makanan melalui aplikasi.

Sementara resto yang dituju merupakan resto yang tidak jauh dari SDN 120 Tugu Jebres.

“Kami order dari rumah makan di sekitar sini saja, tapi tiap hari akan ganti rumah makan,” sebut Nuning. Saat ditanya kisaran harga paket makanan yang diperoleh setiap anak, Nuning mengaku kurang paham karena pihak sekolah hanya order makanan lewat aplikasi ojek online. “Maaf saya tidak paham, yang mengetahui pihak ojek online, saya hanya menerima dari pesanan,” ujarnya. Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Solo memilih tiga SD negeri sebagai lokasi uji coba program makan siang gratis karena pertimbangan banyaknya siswa dari jalur afirmasi (dari keluarga miskin).

Tiga SD tersebut adalah SD Negeri Sanggrahan, SD Negeri 81 Jagalan, dan SD Negeri 120 Tugu. Terkait hal tersebut, Nuning membenarkan.

“Kebetulan memang di sekitar lokasi sekolah banyak keluarga menengah ke bawah. Dan di sekolah kami ada sekitar 115 siswa afirmasi,” terangnya. Candra Saputra (7), siswa kelas 1 SDN 120 Tugu Jebres, mengaku senang bisa mendapat makan siang gratis.

“Tadi dapat makan, ada nasi, sayur, buah sama susu. Enak,” tandasnya.

Siswa yang tinggal tak jauh dari sekolah itu mengaku sering membawa bekal makanan berupa nasi dan sosis goreng sebelumnya. Candra pun mengaku senang bisa makan bersama dengan teman sekolahnya.(*)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *