Pertarungan 3 Tokoh Perempuan di Wilayah Santri, Pengamat: Persaingan di Pilgub Jawa Timur Sangat Terbuka

Jakarta – PDIP akhirnya resmi merekom kader terbaiknya yakni Tri Rismaharini maju dalam kontestasi Pilkada Jawa Timur (Jatim). Lantas, bagaimana kekuatan Risma melawan rivalnya, Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak yang diusung koalisi Indonesia Maju (KIM), sedangkan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) merekom kadernya yakni Luluk Nur Hamidah bersama Lukmanul Khakim.

Lantas bagaimana peluang 3 tokoh perempuan di Wilayah santri ini. Berikut penjelasan pakar:

Read More


“Saya pikir ini menarik karena di Jatim ini ternyata calonnya bukan seperti yang digadang-gadang satu calon, tapi malah tiga cagubnya dan perempuan semua, itu sesuatu yang menarik,” terang Aditya Perdana, kepada wartawan, Rabu (28/8/2024).

Menurut Aditya Perdana, Direktur Algoritma Research and Consulting sekaligus Dosen Ilmu Politik Universitas Indonesia (UI) itu, Peluang Risma mengalahkan Khofifah dalam kontestasi Pilgub Jatim masih terbuka. Selain memiliki pengalaman memimpin Kota Surabaya, dia mengatakan basis pendukung PDIP di wilayah Jatim besar dan solid.

“Saya pikir ini peluang yang bagus karena kita tahu PDIP punya pendukung yang baik dan solid di Jatim, di beberapa daerah kabupaten kota relatif kuat, saya pikir peluangnya ada meskipun saya belum bisa memperkirakan prosentase elektabilitas segala macam, karena yang terbaik adalah baru bisa kita cek di lapangan setelah daftar tapi bisa dikatakan peluangnya ada, karena PDIP relatif solid di Jatim,” jelasnya.

Aditya juga menyoroti calon yang direkom PKB, yakni Luluk Nur Hamidah-Lukmanul Khakim juga menjadi saingan kuat bagi Risma karena diusung oleh parpol yang akar rumputnya (grassroot) kuat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *