Pertarungan 3 Tokoh Perempuan di Wilayah Santri, Pengamat: Persaingan di Pilgub Jawa Timur Sangat Terbuka

“Tantangannya di Jatim sebenarnya PKB, yang relatif kuat di Jatim. Saya dengar informasinya kontestasi antara Khofifah atau lawan siapa di PKB, bahkan dulu Cak Imin namanya dimunculkan sebagai cagub melawan Khofifah, artinya PKB juga perlu diperhitungkan selain PDIP dan sebagainya,” tambahnya.

“Jadi menurut saya ini akan menarik, ketika berbicara Pilkada Jatim akan ada 3 calon yang menurut saya akan sama-sama kuat, karena kekuatannya mewakili kelompok parpol kuat, juga grassroot juga punya dukungan,” lanjutnya.

Read More

Aditya menyambut baik atas kehadiran putusan MK di Pilkada 2024, Akibatnya peta politik Pilkada juga berubah menjadi kompetitif usai putusan MK mengenai ambang batas pencalonan dalam Pilkada muncul. Untuk diketahui, putusan itu membuka peluang parpol mengajukan cakada tanpa ambang batas yang berpatokan pada jumlah perolehan suara kursi DPRD, melainkan berdasarkan persentase suara sesuai daftar pemilih tetap (DPT) masing-masing daerah. Dengan kata lain, cakada bisa diusung oleh 1 parpol asal memenuhi persentase suara sesuai DPT.

“Sehingga sudah nggak relevan lagi bicara calon tunggal, di mana Khofifah akan punya peluang keterpilihannya jadi tinggi tapi ketika putusan MK itu ada, PDIP akan bisa mencalonkan sendiri, berpeluang juga yang sama besarnya dengan Khofifah dan lain,” tutupnya.(*)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *