Cara Chek Khodam yang Viral di Medsos Ini Linknya

Jakarta, Lini Indonesia – Heboh di tiktok netizen diramaikan dengan fenomena cek khodam. Banyak masyarakat yang penasaran dengan apa itu khodam. Lantas apakah sebenarnya khodam itu.


Dalam bahasa kamus populer Indonesia: khodam awalnya merupakan bahasa Arab memiliki arti pembantu, penjaga, atau pengawal. Mulanya, fenomena cek khodam ini ramai di media sosial TikTok. Di platform tersebut, konten kreator menayangkan siaran langsung untuk menerawang khodam milik penonton.

Tren chek khodam ini semakin diminati banyak kalangan gen z, Rasa penasaran dengan apa itu khodam? Merujuk dari sejumlah sumber, inilah arti dari khodam.


Pengertian Khodam:
Bagi sebagian orang yang belum tahu, khodam memiliki kaitan antara manusia dengan makhluk gaib. Padahal, khodam merupakan salah satu istilah dari bahasa Arab, yang memiliki arti pembantu, penjaga, atau pengawal.

Wujud dari khodam bisa beragam. Misalnya seperti khodam pendamping atau leluhur yang berbentuk macan putih, naga, ular, buaya putih, dan sebagainya.

Dalam konteks ini, khodam dapat diartikan sebagai bagian dari diri manusia yang muncul secara alami atau melalui proses tertentu. Khodam juga berkontribusi dalam membentuk kepribadian seseorang.

Khodam Menurut Islam
Kini masih ada pertentangan apakah khodam sebenarnya adalah jin atau bukan. Apabila khodam yang dimaksud merupakan sebuah jin, ada perbedaan pendapat di kalangan ulama terdahulu mengenai hukum meminta pertolongan pada jin untuk tujuan tertentu.

Mengutip Syekh Musthafa Hamdu ‘Ullayan Al Hambali dalam Kitab As Adah Al Hanabilah wa Ikhtilafatuhum Ma’a As Salafiyah dari detikHikmah, sejumlah kaum Salafi Kontemporer dan Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah dalam Kitab Majmu Al Fatawa mengizinkan hal ini.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *