Shin Tae Yong: Piala Asia dan Piala Dunia Lebih Penting untuk Diperjuangkan Bagi Timnas

Jakarta, Lini Indonesia – Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong (STY), secara jujur menyatakan ketidaktahuannya mengenai pentingnya gelar Piala AFF bagi Timnas Indonesia.

Meski tidak mengatakan bahwa Piala AFF tidak penting, ia menegaskan bahwa Piala Asia (AFC) dan Piala Dunia (FIFA) jauh lebih penting untuk diperjuangkan.

Read More

“Jujur saya tidak tahu apakah Piala AFF masih perlu diraih atau tidak, tetapi yang jelas AFC lebih besar dari AFF,” ujar STY saat latihan perdana Indonesia di Lapangan B, Selasa (28/6/2024).

Pelatih asal Korea Selatan ini berharap masyarakat Indonesia dapat berpikiran lebih terbuka. Menurutnya, berjuang untuk tampil di Piala Asia dan Piala Dunia, bahkan jika bisa meraih gelar juara jauh lebih penting.

“Saya harap semua pihak tidak terkurung hanya pada AFF, tetapi kita harus maju dan melihat yang lebih besar seperti AFC atau FIFA (Piala Dunia),” lanjutnya.

Saat ini, Indonesia sedang berusaha meraih tiket Piala Dunia 2026 melalui kualifikasi. Untuk mendapatkan salah satu dari delapan jatah Asia ke Piala Dunia, Indonesia harus lolos ke fase ketiga kualifikasi.

Untuk mencapai fase tersebut, Indonesia perlu menang sekali dari dua laga tersisa di fase kedua kualifikasi, yaitu melawan Irak (6/6/2024) dan Filipina (11/6/2024).

Jika berhasil lolos ke fase ketiga, tim Merah Putih akan otomatis mendapat tiket untuk tampil di Piala Asia 2027 nanti. Pada edisi Piala Asia 2023 (2024), Indonesia berhasil menembus fase gugur untuk pertama kalinya.

Piala AFF 2024 sendiri dijadwalkan akan digelar pada November-Desember tahun ini. STY tidak membeberkan target dalam turnamen ini, namun berjanji akan berusaha keras untuk menjadikan Indonesia yang terbaik.(NA)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *