Pemkab Sidoarjo Bakal Terapkan Green Desaign

Sidoarjo, Lini Indonesia – Plt. Bupati Sidoarjo, Subandi mengajak kolaborasi antara pemerintah, masyarakat, serta sektor swasta menerapkan green design sebagai upaya menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan di Kabupaten Sidoarjo. 

“Jika Kabupaten Sidoarjo ini memliki perencanaan green design, maka secara otomatis akan terpantau dengan mudah perkembangan pembangunan, keseimbangan pembangunan, serta tidak menghambat anggaran,” kata Subandi di sela acara Pembinaan Pengelolaan Lingkungan Hidup di Delta Graha Sekretariat Daerah Kabupaten Sidoarjo pada Senin (3/6/2024). 

Langkah ini, sebagai lanjutan dari upaya kerja bakti yang telah digalakkan di lingkungan ASN Kabupaten Sidoarjo. Dengan cara ini, akan tercipta kesadaran dan kepedulian bersama dalam menjaga dan melestarikan lingkungan. 

“Pelestarian lingkungan menjadi tanggung jawab kita bersama. Dengan bekerjasama, kita dapat menciptakan lingkungan yang lebih baik dan berkelanjutan untuk generasi mendatang,” katanya. 

Ia berharap, green design nantinya dapat mengatur tata kelola Kabupaten Sidoarjo agar lebih bersih dan ramah lingkungan. Sebab, warisan terbaik untuk anak cucu adalah bersihnya lingkungan. 

“Saya berharap green design ini akan segera diterapkan, dengan mapping per wilayah. Upaya ini untuk memperkuat komitmen kita semua dalam menjaga kelestarian lingkungan,” tambahnya.

Terkait dengan program ini, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Sidoarjo, Bahrul Amig mengatakan akan bekerjasama untuk memastikan setiap proyek pembangunan memenuhi standar green design. 

Masyarakat juga diajak untuk turut berpartisipasi dalam menjaga kebersihan lingkungan dan mendukung inisiatif pemerintah ini.

“Saat ini kami tengah mengumpulkan seluruh pihak, termasuk didalamnya kecamatan, puskesmas guna peningkatan kesadaran akan kebersihan lingkungan. Saya terus tekankan jika tidak bisa menjaga lingkungan setidaknya tidak merusaknya,” tegasnya. 

Melalui acara ini, Amig berharap dapat meningkatkan Indeks Kualitas Lingkungan Hidup (IKLH) di Kabupaten Sidoarjo.

“Mari bersama-sama menjaga, meningkatkan kebersihan untuk Sidoarjo dan untuk anak cucu kita mendatang,” tutupnya mengakhiri. (*)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *