KRONOLOGI Penemuan Arca Ganesha, Pemilik Tanah Diminta Hentikan Pembangunan Rumah

Yogyakarta, Lini Indonesia – Semula awal ditemukannya Arca Ganesha berawal dari pembangunan sepetak tanah untuk dijadikan bangunan rumah. Sempat mengejutkan banyak pihak ternyata begitu galian tanah cukup dalam ditemukan sebuah arca.

Menurut Balai Pelestarian dan Kebudayaan (BPK) Wilayah X memastikan arca yang ditemukan di Dusun Sayidan, Kalurahan Sumberadi, Kapanewon Mlati, Kabupaten Sleman merupakan arca Ganesha. Proses pembangunan rumah di lokasi penemuan arca untuk sementara dihentikan.

Read More

petugas dari Balai Pelestarian dan Kebudayaan Wilayah X datang ke lokasi penemuan arca di Dusun Sayidan, Kalurahan Sumberadi, Kapanewon Mlati, Kabupaten Sleman pada Jumat (28/06/2024).

Lebih lanjut, petugas lantas melakukan pengamatan dan mengukur arca. Petugas juga bertemu dan berkoordinasi dengan pemilik tanah

Pamong Budaya Ahli Muda Balai Pelestarian dan Kebudayaan (BPK) Wilayah X Wardiyah memastikan, arca yang ditemukan merupakan arca Ganesha.

“Yang pasti ini teridentifikasi sebagai arca ganesha. Kalau ganesha itu kan salah satu dewa dalam Agama Hindu,” ujar Pamong Budaya Ahli Muda Balai Pelestarian dan Kebudayaan (BPK) Wilayah X Wardiyah saat ditemui di lokasi, Jumat (28/06/2024).

Wardiyah menyampaikan, awalnya mendapatkan informasi penemuan arca dari Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *