Menparekraf Apresiasi Karnaval Shining Jayandaru

Sidoarjo, Lini Indonesia – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno mengapresiasi event Shining Jayandaru yang memperkenalkan ciri khas dan keanekaragaman budaya di Sidoarjo.

Hal itu ia sampaikan secara virtual usai menyaksikan gelaran event akbar Sidoarjo dalam memperingati HUT RI ke-79 tahun, Minggu (18/8/24) kemarin.

Menurutnya pelaksanaan Shining Jayandaru menjadi salah satu upaya pemerintah Kabupaten Sidoarjo dalam mendukung pengembangan sektor pariwisata dan Ekonomi kreatif/Ekraf.

“Melalui event yang mengangkat puspa ragam budaya dan produk Ekraf lokal unggulan ini saya harap dapat mempromosikan potensi Ekraf Kabupaten Sidoarjo, meningkatkan kunjungan wisatawan serta membuka peluang investasi dan mendorong kolaborasi seluruh stakeholder,” kata Sandiaga.

Senada diungkapkan, anggota Komisi IX DPR RI Indah Kurnia yang hadir secara langsung, ia mengaku bangga dengan pelaksanaan karnaval Shining Jayandaru kali ini. Ia melihat antusiasme masyarakat Sidoarjo sangat tinggi dalam mengamati setiap parade budaya yang ditampilkan.

“Kita doakan acara ini direspon masyarakat dan pelaku usaha dan memiliki imbas pada tourism atau pariwisata dan ekonomi kreatif di Sidoarjo,” kata Indah.

Sementara itu, Plt. Bupati Sidoarjo Subandi mengatakan karnaval Shining Jayandaru menjadi salah satu agenda kegiatan perayaan Hari Kemerdekaan RI. Kegiatan tersebut juga menjadi salah satu bentuk promosi pariwisata dan ekonomi kreatif di Kabupaten Sidoarjo.
  
“Kegiatan ini bertujuan untuk menampilkan keaneka-ragaman potensi yang dimiliki oleh  Kabupaten Sidoarjo,”ucapnya.

Ia menambahkan, Kabupaten Sidoarjo mempunyai bermacam-macam seni, budaya, tradisi dengan kearifan lokal. Oleh karenanya lewat kegiatan seperti ini ditampilkan keaneka-ragaman potensi yang dimiliki Kabupaten Sidoarjo.  

“Kami upayakan kegiatan ini akan menjadi kegiatan tahunan. Harapannya Sidoarjo carnival ini bisa menembus pasar  nasional dan internasional serta akan menjadi Karisma Event Nusantara (KEN) serta dapat menarik investor, wisatawan dan mendongkrak kunjungan wisatawan di Kabupaten Sidoarjo,” katanya mengakhiri.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *