Penelitian: Indonesia Negara Terbanyak di Dunia yang Konsumsi Mikroplastik

Jakarta, Lini Indonesia – Sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa Indonesia adalah salah satu negara dengan konsumsi mikroplastik tertinggi di dunia dari 109 negara yang diteliti.

Studi ini dipublikasikan dalam Jurnal Environmental Science & Technology pada 24 April 2024 dengan judul “Microplastic Human Dietary Uptake from 1990 to 2018 Grew across 109 Major Developing and Industrialized Countries but Can Be Halved by Plastic Debris Removal”.

Penelitian ini dilakukan oleh para peneliti di Cornell University yang memetakan konsumsi mikroplastik di berbagai negara.

Menurut studi tersebut, orang Indonesia mengonsumsi sekitar 15 gram mikroplastik per bulan, jumlah yang lebih tinggi dibandingkan negara lain, seperti dilaporkan oleh Envirotec Magazine.

Angka ini menunjukkan peningkatan 59 kali lipat dari 1990 hingga 2018. Sebagai perbandingan, konsumsi mikroplastik di Amerika Serikat hanya sekitar 2,4 gram per bulan.

Fengqi You, profesor teknik sistem energi di Cornell University, menyatakan bahwa “Konsumsi mikroplastik di tingkat negara merupakan indikator penting dari polusi plastik dan risiko kesehatan masyarakat.”

Studi ini mempertimbangkan berbagai faktor seperti kebiasaan makan, teknologi pengolahan makanan, demografi usia, dan tingkat pernapasan di setiap negara.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *