PKB Siapkan Tes Uji Kelayakan untuk Anies Baswedan: Siapkah Maju di Pilgub Jakarta 2024?

Jakarta, Lini Indonesia – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sedang mempersiapkan Tes Uji Kelayakan dan Kepatutan (UKK) untuk Anies Baswedan sebagai bakal calon gubernur DKI Jakarta pada Pilkada 2024.

Wakil Ketua Umum PKB, Jazilul Fawaid, mengungkapkan bahwa persiapan untuk tes UKK tersebut sedang berlangsung. Menurut Jazilul, Anies yang menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 sudah masuk dalam daftar peserta UKK.

Read More

PKB juga sedang mempertimbangkan siapa yang akan mendampingi Anies dalam Pilgub Jakarta 2024. Namun, Jazilul belum memberikan detail mengenai calon dari kader PKB yang akan menjadi pasangan Anies.

“Sudah daftar, untuk UKK, UKK nanti deklarasi. Karena Pilgub atau cakada itu pasangan, jadi siapa pasangannya nanti diumumkan,” ujarnya pada Senin (10/6/2024) dikutip dari Wartakotalive.com.

Proses UKK ini merupakan langkah wajib bagi setiap tokoh yang akan diusung oleh PKB, partai yang dipimpin oleh Muhaimin Iskandar alias Cak Imin dalam pemilihan umum.

“Lagi disusun oleh desk Pilkada, tentu polanya juga disusun. Mudah-mudahan pekan ini, saya enggak tahu persisnya karena berurutan,” tambahnya.

Jadwal yang tidak berurutan ini disebabkan oleh beberapa tokoh yang diundang khusus untuk mengikuti UKK secara langsung.

Selain PKB, Anies juga berpeluang diusung oleh PDI Perjuangan (PDIP) untuk maju dalam Pilkada Jakarta 2024. PDIP sedang intens menjalin komunikasi dengan berbagai partai politik, termasuk PKB.

Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto, menyatakan bahwa partainya bergerak cepat dalam persiapan pemilihan kepala daerah yang tinggal beberapa bulan lagi.

“Komunikasi dengan PKB juga sedang dilakukan, ada Pak Said Abdullah, ada Pak Ahmad Basarah yang kemudian secara intens membangun komunikasi. Tidak hanya di Jakarta tetapi juga di beberapa wilayah lain,” jelas Hasto.

Hingga kini, PDIP telah mengeluarkan lebih dari 70 surat tugas dan mempersiapkan Pilkada dengan baik.

Sementara itu, Anies sendiri tidak menolak kemungkinan diusung oleh PDIP seperti yang disampaikannya pada Jumat (7/6/2024).

“PDIP juga menarik. Jadi, sambil kita lihat hari-hari ini, mudah-mudahan sampai pada kesimpulan,” jelas Anies.

Meski demikian, Anies mengakui masih memerlukan waktu untuk mempertimbangkan berbagai aspek terkait pencalonannya kembali dalam Pilgub Jakarta.(NA)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *