Tips,Cegah Kolesterol Akibat Sajian Makanan Idul Adha

Jakarta, Lini Indonesia – Hari besar kegamaaan yang banyak dinantikan umat muslim selain Hari raya Idul Fitri adalah Lebaran Haji atau perayaan Idul Adha. Momen perayaan idul Adha biasanya akan dihiasi oleh banyak makanan yang menggugah selera. Selama perayaan Idul Adha, sajian daging merah seperti daging sapi dan daging kambing, mendominasi sajian di meja makan. Namun apabila tidak dikontrol dengan baik, maka bahaya kolesterol jahat akan mengintai kesehatan.

Kadar kolesterol yang tinggi bisa memicu sejumlah penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung, stroke dan hipertensi. Lantas, bagaimana agar tubuh kita tetap sehat dan terhindar dari kolesterol?. Berikut sejumlah tips untuk mencegah kolesterol saat moment Idul adha, dilansir dari laman resmi Kementrian Kesehatan RI : 

Read More

1. Menerapkan pola makan sehat dan gizi seimbang, yaitu dengan membatasi konsumsi makanan yang mengandung kolesterol dan memperbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan.

2.Berolahraga secara teratur dengan melakukan aktivitas fisik minimal 30-60 menit di tengah rutinitas saat berhari raya.

3.Tidak  mengkonsumsi makanan secara berlebihan yang akan mengakibatkan lonjakan berat badan.

4.Menghentikan kebiasaan merokok.

Salah satu penyebab utama penyakit kolesterol adalah kebiasaan makan yang tidak sehat, seperti mengonsumsi makana yang mengandung banyak lemak jahat. Salah satu jenisnya, lemak jenuh, ysng ditemukan pada beberapa daging, produk susu, cokelat, makanan yang dipanggang, dan makanan yang digoreng dan diproses. Jenis lainnya, lemak trans, yang terdapat pada beberapa makanan melalui proses digoreng.

Apabila mengalami gejala kenaikan kolesterol seperti mudah mengantuk, pegal pada tengkuk atau pundak, hingga nyeri dada, segera lakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terdekat agar bisa segera mendapatkan penanganan yang cepat dari petugas kesehatan. (*)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *