Sebanyak 60.000 Formasi CPNS 2024 Bakal Di Pindah ke IKN

Jakarta, Lini Indonesia – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) mengungkapkan pihaknya telah menetapkan 250.407 formasi CPNS 2024 untuk masa pendaftaran mulai 20 Agustus 2024. Dari jumlah tersebut, sebanyak 114.706 formasi diperuntukkan bagi pemerintah pusat.

Menpan RB Abdullah Azwar Anas juga mengatakan, sekitar 60.000 formasi di pemerintah pusat dalam CPNS 2024 nantinya akan ditempatkan di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Read More

“Kurang lebih 60 ribu formasi dari pemerintah pusat yang menempel di KL (kementerian/lembaga) akan ke IKN. Misal ada di KL yang mengusulkan nanti dipindah ke IKN, dimana anak-anak yang punya talents digital san muktitasking,” ujarnya saat ditemui usai Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI di kompleks parlemen, Jakarta, Jumat (16/8/2024).

Dari jumlah 60 ribu formasi tersebut, sambung Anas, pemerintah memberikan afirmasi sebesar 5 persen untuk jatah putra/putri Kalimantan yang akan bekerja di IKN.

“Supaya putra/putri Kalimantan tidak bersaing dengan freshgrad dari Jawa. Saran Presiden formasi 5 persen kurang lebih sekitar 2.000an dari putra/putri Kalimantan,” kata Anas.

Ia pun juga mengungkapkan alasan mengapa jumlah total formasi CPNS 2024 yang dibuka masih jauh dari target. Pemerintah sebelumnya menargetkan sebanyak 600.000 formasi untuk perekrutan tahun ini.

“Kita sudah siapkan formasi 600.000, tapi banyak daerah yang belum memanfaatkan formasi ini, baik karena problem anggaran maupun karena problem formasi yang tidak sesuai,” tuturnya.

“Misalnya formasi teknis, padahal itu kita tidak berikan ruang untuk formasi teknis. Karena formasi teknis itu akan terdisrupsi oleh teknologi,” pungkasnya.(*)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *