Bawaslu Sidoarjo Gelar Bimtek Kearsipan dan Kehumasan

Sidoarjo, Lini Indonesia – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sidoarjo menggelar kegiatan Bimbingan teknis kearsipan dan Kehumasan Bagi Panwascam Se-Kabupaten Sidoarjo. Kegiatan itu bertujuan untuk meningkatkan kapasitas khususnya dalam tata kelola arsip dan kehumasan bagi Panwascam.

Ketua Bawaslu Kabupaten Sidoarjo, Agung Nugraha mengatakan berbagai tahapan sudah dilakukan Bawaslu menjelang pemilu kepala daerah yang bakal digelar pada November mendatang.

Mulai dari menyusun standar pengawasan pemilu di masing-masing tingkat kecamatan, pencegahan dan penindakan terhadap pelanggaran pemilu hingga berbagai pengawasan terkait pelaksanaan tahapan penyelenggaraan pemilu.

Bawaslu juga memiliki tugas dan tanggungjawab dalam menyampaikan berbagai informasi yang berkenaan dengan pelaksanaan pemilu. Sehingga kegiatan ini dirasa penting dalam meningkatkan kapasitas terutama dalam tata kelola kearsipan dan kehumasan.

“Kegiatan ini diikuti seluruh Panwascam se-Sidoarjo. Jadi, selain melakukan konsolidasi dengan jajaran ad hoc, juga sebagai peningkatan kapasitas khususnya dalam tata kelola arsip dan kehumasan terutama ditingkat kecamatan. Sehingga informasi itu bisa secara cepat dan akurat tersampaikan kepada masyarakat,” jelas Agung Nugroho, Jumat, (6/9/2024).

Dalam kegiatan ini, Bawaslu Sidoarjo mendatangkan narasumber dari Dinas Perpustakaan dan kearsipan Sidoarjo, serta mantan komisioner KPU Jatim sekaligus mantan wartawan dalam memberikan pemahaman terkait penulisan jurnalistik. Sehingga kedepannya anggota panwascam di Sidoarjo mampu memberikan laporan secara terperinci terutama yang berkenaan dengan pengawasan dan pelaksanaan pemilu.

Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas, Agisma D. Fastari menambahkan, bahwa kegiatan ini bertujuan menata data pengawasan dan pertanggungjawaban administrasi seluruh kegiatan yang ada di Bawaslu Sidoarjo sampai ke tingkat bawah menjadi arsip yang baik untuk dipertanggungjawabkan.

“Sedangkan untuk kehumasan, kami ingin jajaran adhoc kami menjadi corong kegiatan pengawasan di tingkat bawah melalui wajah humas mereka. Kegiatan dan hasil pengawasan bisa disajikan secara baik kepada masyarakat,” terang Agis.

Melalui kegiatan ini, pihaknya berharap Bawaslu Sidoarjo mampu menjadi tempat informasi, baik yang berkaitan dengan kepemiluan maupun pendidikan politik yang baik terutaman bagi masyarakat Sidoarjo.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *