Presiden Jokowi Siap Teken Naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders, Target Perkuat Timnas Oktober

Jakarta, Lini Indonesia – Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, mengungkapkan bahwa surat permohonan naturalisasi untuk dua pemain sepak bola keturunan Indonesia asal Belanda, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders, akan ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo pada Rabu (11/9/2024).

Hal tersebut disampaikan Erick setelah menyaksikan pertandingan Indonesia melawan Australia di Stadion Gelora Bung Karno, Selasa (10/9/2024).

Proses naturalisasi Hilgers dan Reijnders dilakukan agar keduanya bisa memperkuat Timnas Indonesia. Erick berharap proses administrasi terkait perpindahan kewarganegaraan mereka bisa segera selesai.

“Semoga semua proses di DPR cepat selesai,” ujar Erick.

Kedua pemain ditargetkan agar dapat membela Timnas Indonesia dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada Oktober mendatang.

Erick juga menjelaskan bahwa surat permohonan naturalisasi tersebut telah mendapat persetujuan dari Menpora dan Mensesneg, dan tinggal menunggu tanda tangan Presiden Jokowi.

Setelah itu, proses akan berlanjut ke DPR, di mana Komisi X dan Komisi III akan membahas permohonan tersebut. Jika disetujui, naturalisasi Hilgers dan Reijnders akan disahkan melalui Rapat Paripurna DPR.

Setelah mendapatkan persetujuan DPR, Presiden Jokowi akan mengeluarkan Keputusan Presiden (Keppres) untuk melengkapi proses ini.

Setelah pengambilan sumpah sebagai Warga Negara Indonesia (WNI), Hilgers dan Reijnders akan membuat dokumen identitas Indonesia, dan PSSI akan mengajukan perpindahan federasi dari KNVB (Belanda) ke PSSI (Indonesia).

Harapannya, kedua pemain ini dapat memperkuat Timnas pada laga internasional di Bahrain dan China pada Oktober 2026.(NA)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *