Ajak Masyarakat Sadar Kebersihan, KKN Umsida Pelopori Kerja Bakti Desa Berseri

Sidoarjo, liniindonesia.com – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) ajak masyarakat Desa Damarsih untuk sadar akan kebersihan lingkungan dengan mempelopori program Kerja Bakti Desa Berseri.

Kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa KKN Umsida dengan menggandeng masyarakat setempat untuk mengajak pentingnya kebersihan di area ligkungan Desa Damarsih ini menjadi modal kedepan untuk lebih menjaga area tempat tinggal sekitar bahkan di tingkat Rt atau Rw sekalipun.

Bacaan Lainnya

Ketua kelompok KKN Desa Damarsih Maygi Angga Kuswantoro mengatakan bahwa program Kerja Bakti Desa Berseri ini ia gerakkan bersama dengan rekan-rekannya untuk menyosialisasi tentang pentingnya kebersihan di jalanan tempat tinggal atau desa.

“Kita sebenarnya ingin menggugah kembali semangat gotong-royong masyarakat Desa Damarsih ini untuk lebih disiplin lagi memperhatikan tentang kebersihan dan pentingnya hidup bersih, seperti yang kita tahu bahwa bibit-bibit penyakit, sarang nyamuk dan hal-hal negatif lainnya bersarang pada lingkungan yang kotor,” Ujar Maygi Angga Kuswantoro. Minggu (07/03/2021).

Dalam keteranganya, Angga menambahkan bahwa ia memilih hari minggu untuk kegiatan Kerja Bakti Desa Berseri ini bukan tanpa alasan. Ia tahu bahwa tidak sepenuhnya masyarakat Desa Damarsih dapat ikut serta dalam program ini. Namun ia yakin bahwa hari libur atau minggu adalah hari yang tepat untuk menggerakkan masyarakat dalam upaya untuk semangat gotong-royong membersihkan lingkungan Desa.

Pada kegiatan yang dilaksanakan siang tadi, tidak hanya mahasiswa KKN Umsida saja yang terlibat, namun diundang juga karang taruna Desa, dan tim KKN dari Universitas Negeri Surabaya.

Kepala Desa Damarsih Miftakhul Anwaruddin memaparkan bahwa ia bersama dengan perangkat desa, karang taruna dan masyarakat Desa Damarsih menyambut baik program Kerja Bakti Desa Berseri ini. Ia mengatakan bahwa ini bisa menjadi program berkelanjutan setiap minggu guna menggugah masyarajat akan pentingnya kebersihan di lingkungan Desa dan jalanan Desa.

“Tentunya, saya bersama masyarakat menyambut baik progran kerja bakti ini. Tidak hanya untuk mahasiswa saja tapi bersama-sama membersihkan area lingkungan Desa Damarsih dengan guyub rukun,” Ucap Kepala Desa Damarsih.

Tidak hanya itu, mahasiswa KKN Umsida juga mempunyai program-program lain, yakni Inovasi UMKM untuk masyarakat Desa Damarsih, dan program pendampingan belajar gratis bagi anak-anak Desa Damarsih. Dengan adanya KKN dan program-program tersebut Desa Damarsih diharapkan dapat menata ekonomi masyrakat melalui inovasi UMKM, kebersihan lingkungan melalui program Kerja Bakti Desa Berseri, dan juga menata pendidikan dengan program pendampingan belajar gratis bagi anak-anak Desa Damarsih. (fajar)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *