Kendaraan Antariksa China Berhasil Mendarat ke Mars

Rover Zhurong, kendaraan antariksa milik China. (Twitter @sklplanets)

China, linindonesia.com – China berhasil mengirim Rover Zhurong ke Planet Mars. Kendaraan antariksa pertama China itu mendarat ke permukaan planet merah itu pada pukul 07.40 waktu Beijing, Sabtu (15/5/2021).

Rover seberat 529 pon (240 kg) itu selamat dari perjalanan yang bergejolak melalui atmosfer Mars setelah menghabiskan berbulan-bulan di orbit, mencapai kecepatan supersonik sebelum parasut dan retrorockets memperlambat penurunannya.

Bacaan Lainnya

Media pemerintah, Xinhua, melaporkan kesuksesan ini sebagai puncak dari misi independen pertama negara itu ke Mars setelah rover Zhurong berangkat dari Bumi musim panas lalu.

“Pendarat tak berawak mencapai tujuannya di dataran Utopia Mars pada hari Sabtu,” tulis Xinhua dalam laporan singkatnya.

Moda antariksa itu mendarat di Mars pukul 07.40 waktu Beijing. Media itu melaporkan bahwa moda antariksa China itu akan melakukan pencitraan lingkungan dan inspeksi diri sebelum pindah dari platform pendaratannya.

Pendaratan tersebut menjadikan China negara ketiga yang berhasil mengoperasikan kendaraan di Mars di belakang Amerika Serikat dan bekas Uni Soviet—meskipun pendarat Mars 3 Uni Soviet hanya dapat mengirimkan sebagian gambar dari permukaan planet itu secara singkat pada tahun 1971 sebelum misinya gagal. (Net)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *