Banjir Bandang Garut Tak Ada Korban Jiwa, BNPB: Waspada Banjir Susulan

Jakarta, liniindonesia.com – Banjir bandang melanda Desa Karyamekar, Kecamatan Pasirwangi, Kabupaten Garut, Jawa Barat pada Jumat (19/11). Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Menurut laporan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), banjir terjadi jauh dari pemukiman warga.

Bacaan Lainnya

“Laporan tim BPBD di lapangan, banjir yang terjadi berlokasi jauh dari pemukiman warga. Tidak ada korban jiwa akibat kejadian tersebut,” kata Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari dalam keterangan tertulis, Sabtu (20/11) dikutip dari CNNIndonesia.

Abdul mengatakan meski tak menyebabkan korban jiwa, longsoran akibat banjir bandang berdampak pada putusnya jalan dan merendam lahan pertanian warga.

“Meski tidak ada korban jiwa, banjir bandang menimbulkan longsoran dan memutus akses jalan menuju Kawah Darajat. Lahan pertanian warga juga dilaporkan terendam banjir,” lanjutnya.

BPBD Kabupaten bersama tim gabungan berkoordinasi dengan instansi terkait untuk melakukan pendataan kemungkinan kerugian lain yang disebabkan bencana banjir.

Selain itu Abdul juga mengimbau masyarakat untuk waspada banjir susulan, meski cuaca terpantau cerah. Pembersihan material pasca banjir akan dilakukan hari ini.

“BPBD setempat mengimbau kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan sebagai langkah mitigasi adanya banjir susulan,” tutur Abdul. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *