Penjualan Hasil Olahan Ikan Sempat Merosot, Dinas Perikanan Sidoarjo: Saat Ini Sudah Membaik dan Mulai Berangsur Normal

Seketaris Dinas Perikanan Nur Azizah

Sidoarjo, liniindonesia.com – Dampak pandemi covid19 telah merambah ke berbagai sektor kedinasan yang ada di Sidoarjo dan tak terkecuali Dinas Perikanan Kabupaten Sidoarjo.

Dinas Perikanan Sidoarjo mengatakan kepada liniindonesia.com mengenai stabilitas di masa pandemi kali ini sangat berdampak bagi masyarakat Sidoarjo khususnya untuk penjualan ikan, eksport import, pengiriman ke luar pulau dan lain sebagainya.

“Dampak dari pandemi kali ini yang langsung dapat kita lihat adalah menurunnya pembuatan Surat Keterangan Asal Ikan, jika sebelum pandemi kita bisa membuatkan 3 sampai 4 kali dalam sehari Surat Keterangan Asal Ikan untuk penjualan ke luar pulau misalnya. Semenjak pandemi ini kita hanya mengeluarkan 1 atau 2 surat saja dalam seminggu. Nah dari sini bisa kita lihat bahwa permintaan ikan dari luar pulau sudah menurun tidak seperti biasanya” ujar Septi Wati Nugraheni Kepala Bidang Bina Usaha Perikanan Sidoarjo. Rabu (11/11/2020).

Septi Wati Nugraheni juga menambahkan bahwa omset dari para pengolah ikan yang ada di Sidoarjo ini dapat dikatakan menurun. Hal ini dikarenakan jumlah pesanan dari luar atau lokal Sidoarjo sendiri terhitung menurun.

“Sebenarnya untuk nelayan ke lautnya tidak ada masalah, namun yang jadi permasalahan saat pandemi lalu adalah nilai jual hasil tangkapan yang sedikit merosot dari sebelumnya. Tapi untuk beberapa minggu ini dari Dinas Perikanan sendiri melihat nilai jual hasil tangkapan sudah mulai membaik dan berangsur normal” Ujar Tarina Handa Ningrum Kepala Bidang Perikanan Tangkap Sidoarjo.

Tak hanya itu Dinas Perikanan Sidoarjo mempunyai harapan kedepan setelah pandemi ini usai. Nilai jual hasil tangkapan akan kembali normal dan permintaan serta penjualan ikan ke lokal Sidoarjo atau luar pulau juga normal kembali.

“Harapan kami kedepan adalah semoga pandemi ini cepet selesai agar permintaan serta penjualan ikan yang ada di Sidoarjo ini kembali normal dan nilai jual hasil tangkapan kembali pada nilai sebelumnya, hal ini agar para nelayan atau pengolah ikan khususnya yang ada di Sidoarjo ini dapat berkembang lagi serta sektor perikanan yang ada di Sidoarjo dapat terus menyejahterakan nelayan dan para pengolah ikan lainya” Tambah Nur Azizah Sekretaris Dinas Perikanan Sidoarjo.

Dikonfirmasi oleh liniindonesia.com mengenai pelayanan kepada masyarakat selama masa pandemi ini tidak jauh beda dengan sebelumnya, Dinas Perikanan Sidoarjo tetap melayani keluhan apapun terkait perikanan namun juga tetap sesuai protokol kesehatan dengan memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. (Fajar)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *