Tips Mudah Mengelola Anggaran Rumah Tangga

Sidoarjo, liniindonesia.com – Kebanyakan orang berpikir bahwa membuat anggaran membutuhkan banyak usaha dan menyita banyak waktu. Tapi itu tidaklah benar!

Tips mengelola uang selalu memberi penegasan untuk membuat anggaran. Lalu, mengapa Anda harus melakukannya?

Bacaan Lainnya

Berikut adalah lima tips super mudah untuk membantu Anda dengan mudah membuat anggaran yang akan menghemat uang Anda dilansir dari Women’s Institute for Financial Education atau WIFE.

1. Manfaatkan program pengeloaan keuangan

Dalam hal membuat anggaran, memulai seringkali merupakan langkah tersulit. Anda mungkin membayangkan bahwa Anda harus menggali semua kwitansi Anda dari dompet Anda atau menyisir laporan kartu kredit Anda dan menghabiskan waktu berjam-jam untuk membuat tabel Excel.

Itu jelas pekerjaan berat! Sebaliknya, gunakan perangkat lunak penganggaran untuk melakukan pekerjaan untuk Anda. Program seperti Mint.com, Moneydance, You Need a Budget, and Quicken Personal Finance dapat secara otomatis memuat transaksi Anda dan memasukkannya ke dalam kategori, yang dapat Anda sesuaikan dan revisi agar sesuai dengan gaya Anda.

2. Tinjau kategori anggaran di mana Anda menghabiskan uang paling banyak

Dengan perangkat lunak anggaran baru yang selalu bekerja untuk Anda, akan mudah untuk meninjau pengeluaran Anda setiap bulan untuk melihat kategori mana yang paling banyak Anda belanjakan.

Kategori utama yang harus dipangkas adalah:

1. Hiburan
2. Makan di luar
3. Pakaian

3. Lacak beberapa kategori secara detail

Berapa biaya yang Anda keluarkan untuk setiap jenis rekreasi keluarga? Berapa biaya makan di luar setiap bulan? Apa yang Anda belanjakan untuk rokok, alkohol, permen, dan makanan cepat saji? Jawabannya mungkin mengejutkan Anda dalam tanggung jawab fiskal.

4. Melacak aliran uang

Simpan secarik kertas dan pensil di dompet Anda untuk mencatat setiap pengeluaran uang tunai selama beberapa minggu.

Setiap kali Anda mengeluarkan dompet, catat jumlah yang Anda belanjakan dan apa yang Anda beli. Anda kemudian dapat memasukkan pengeluaran ini secara manual ke dalam perangkat lunak penganggaran Anda.

Ini akan mengungkapkan kebocoran anggaran yang dapat dibendung tanpa mempengaruhi gaya hidup Anda secara drastis.

5. Tinjau kembali kebiasaan Anda

Kebiasaan sehari-hari Anda bisa menghabiskan uang yang tidak perlu! Bahkan memangkas kebiasaan kecil ini dapat menambah penghematan besar dari waktu ke waktu.

Misalnya saja, apakah Anda menghabiskan uang di supermarket untuk membeli barang-barang yang bisa dibeli lebih murah? Apakah Anda menonton semua saluran kabel yang menjadi langganan Anda? Dan lain sebagainya.

Anda tidak akan pernah bisa mengatasi kebiasaan buruk uang Anda jika Anda tidak bisa melihat masalahnya dan membuat perubahan.

Inilah mengapa penganggaran menjadi sangat penting. Menganggarkan lebih mudah dari sebelumnya; Anda hanya perlu membuat komitmen untuk menindaklanjuti dan secara aktif mengelola kehidupan finansial Anda. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *