Ajak Karang Taruna Gerakkan Ekonomi Masyarakat di Masa Pandemi

Proses Kegiatan Abdimas oleh Dosen UMSIDA (foto istimewa)

Sidoarjo, liniindonesia.com – Universitas Muhammadiyah Sidoarjo atau yang lebi dikenal (Umsida) dalam program pengabdian masyarakat (abdimas) sedang menggalakkan pendampingan terhadap masyarakat yang terdampak Covid-19 dalam PKMI (Program Kemasyarakatan Masyarakat institusi) Covid -19. Salah satunya yang dilaksanakan di Dusun Gambir Anom, Desa Kebon Anom, Gedangan, Sidoarjo.

Tim Abdimas Umsida yang terdiri dari Nur Ravita Hanun, Hadiah Fitriyah, Arif Senja Fitrani, dan 2 mahasiswa mengajak karang taruna Desa Gambir Anom menggerakkan ekonomi masyarakat agar survive dalam menghadapi pandemi saat ini. Desa Kebon Anom dipilih sebagai lokasi pengabdian, karena desa ini merupakan salah satu desa mitra Umsida.

Bacaan Lainnya

“Teman-teman karang taruna EKSIS forever di Dusun Gambir Anom ini telah memiliki produk salah satunya stik bayam, nah disamping itu masyarakat sekitar juga memiliki usaha pengelolaan makanan dan minuman seperti : sinom, sari kedelai, kerpik bayam dan produk lainnya, namun sayangnya potensi ini masih belum dimaksimalkan. Terlebih lagi penjualan produk semakin menurun akibat terdampak pandemi. Melalui program ini, Umsida akan melakukan pendampingan agar produk masyarakat Gambir Anom memiliki branding, PIRT, dan bisa dipasarkan secara luas” ujar Hanun Kamis, (31/12/2020).

Kegiatan abdimas ini diawali dengan sosialisasi pentingnya branding produk dan PIRT bagi usaha, kemudian dilanjutkan dengan klinik produk. Ada 14 UMKM yang turut serta dalam acara ini, masing-masing produk UMKM di review secara detail mulai dari kemasan, harga, brand, manajemen pemasaran dan keuangannya. Peserta senang mengikuti kegiatan ini sebab banyak ilmu dan masukan yang diterima untuk mengembangkan produk mereka kedepannya.

“Terima kasih Umsida, Alhamdulillah dalam mengikuti kegiatan ini, saya mengetahui pentingnya branding produk, PIRT, dan manajemen usaha, sehingga insyaa Allah kedepannya saya dan masyarakat Gambir Anom lebih survive menghadapi kondisi pandemi seperti saat ini” Ujar Ayun salah satu peserta kegiatan.

Kegiatan puncak akan dilaksakan di bulan Januari 2021 dimana akan ada kegiatan bazar produk UMKM Gambir Anom, dan launching website karang taruna EKSIS forever Gambir Anom.Website tersebut sebagai media pemasaran produk-produk Karang taruna dan masyarakat Gambir Anom. (Fitrian Desi Prameswari/Mahasiswa TLM)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *