Hari ini Rabu Wage Calon Kapolri Bakal Diserahkan Ke DPR

Presiden Joko Widodo bersama Kapolri Jenderal Idham Azis seusai pelantikan kapolri di Istana Negara, Jakarta, Jumat, 1 November 2019. (Foto: Suara Pembaruan)

Jakarta, liniindonesia.com – Jenderal Polisi Idham Aziz bersurat perihal masa pensiun pada Presiden Jokowi sebagai Kapolri. Hingga hari ini, Publik menanti siapa yang bakal di tunjuk Presiden Jokowi untuk menduduki Jabatan sebagai Kepala kepolisian RI.

Mengutip Menko Polhukam Mahfud Md, nama-nama calon pengganti Idham sudah diserahkan ke Presiden Jokowi. Bahkan dia juga membeberkan nama-nama yang diserahkan melalui akun Twitter pribadinya.

Bacaan Lainnya

Nama-nama yang disebut Mahfud adalah para jenderal polisi bintang tiga, mulai dari Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Boy Rafli Amar, Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo, Kalemdiklat Polri Komjen Arief Sulistyanto, dan Kabaharkam Polri Komjen Agus Andrianto.

“Kelima orang itu dianggap memenuhi syarat profesionalitas, loyalitas, jam terbang,” kata Mahfud Jumat 8 Januari 2021.

Meski sudah menyerahkan lima nama tersebut, hingga Selasa 12 Januari 2021, Jokowi belum menyerahkan nama sebagai calon Kapolri kepada DPR untuk bisa dilakukan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test). Namun, para wakil rakyat di Senayan memberikan prediksi pada Rabu 13 Januari 2021 akan diserahkan Presiden ke DPR.

Ketua Komisi III DPR Herman Hery juga mendengar kabar bahwa besok surat calon Kapolri dari Presiden akan dikirim ke parlemen.

“Gosip atau kabar burung yang kami dengar demikian (hari Rabu dikirim),” ungkap Hery. dilansir dari liputan6.

Dirinya mengatakan hingga saat ini DPR masih menunggu surat dari Jokowi. “Sampai saat ini belum ada Supresnya, kami sedang menunggu. Kami juga belum tahu siapa yang diusulkan,” ungkapnya.

Sementara itu Anggota Komisi III DPR RI Jazilul Fawaid menambahkan besok sebagai Rabu Keramat terkait calon pucuk pimpinan Korps Bhayangkara.

“Hemat saya, mungkin Rabu keramat itu, kita tunggu saja. Semoga yang terbaik yang diusulkan dan dipilih jadi Kapolri,” kata Jazilul dilansir dari Liputan6.

Dia menjelaskan bahwa di 13 Januari 2021 bertepatan hari Rabu Wage bagus menurut hitungan Jawa dan neptu atau jumlah harinya adalah 11.

“Rabu itu hitungannya 7 dan wage itu 4 jadi 11, welas asih. Kita tunggu saja. Itu Ilmu Jawa, Ilmu titen,” jelas Jazilul.

Politikus PKB Jazilul itu memprediksi satu nama Komjen Listyo Sigit Prabowo yang dianggap kuat sebagai calon Kapolri.

“Menurut saya, Pak Listyo Sigit Prabowo yang terkuat dan punya kedekatan. Insya Allah akan terpilih jika Allah dan Presiden menghendakinya,” ungkap Jazilul.

Seperti diketahui nama Listyo Sigit sering disebut – sebut, bahkan oleh Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane.

Dia memunculkan nama Listyo sebelum Mahfud Md menyerahkan nama Kabareskrim dan empat nama lainnya tersebut ke Jokowi. Meskipun saat itu diprediksi hanya sebagai Wakapolri.

Di tengah namanya menguat dan diprediksi banyak kalangan, Listyo angkat bicara terkait ramainya isu dirinya telah dipastikan dipilih Presiden Jokowi sebagai calon Kapolri, menggantikan Jendral Idham Azis.

Dia mengatakan, tidak tahu mengenai kabar dirinya terpilih sebagai calon Kapolri pilihan Presiden Jokowi. Bahkan menyebut isu tersebut adalah hoaks.

“Saya tidak tahu kenapa tiba-tiba isu itu muncul darimana. Karena tidak jelas sumbernya jadi saya bilang itu hoaks saja,” tutur Listyo saat dikonfirmasi, dilansir dari liputan6. Selasa (12/1/21).

Dirinya menegaskan, masih fokus sebagai pimpinan Bareskrim Polri hal yang utama baginya adalah bagaimana jajarannya dapat bekerja secara profesional dan bukan bicara mengenai pencalonan menjadi Kapolri.

“Yang terpenting saat ini adalah bagaimana Bareskrim bekerja secara profesional, melakukan pembenahan internal agar bisa melakukan penegakan hukum secara tegas, humanis, transparan, bisa memberikan rasa aman dan memberikan kepastian hukum dan rasa keadilan untuk masyarakat, dan lebih dipercaya masyarakat,” kata Listyo.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *