Hebat! Tiga Santri MA Dafi Sidoarjo Lolos Ke Perguruan Tinggi di Mesir dan Maroko

Tiga Santri MA Dafi Sidoarjo Lolos Ke Perguruan Tinggi di Mesir dan Maroko. (Foto Istimewa)

Sidoarjo, liniindonesia.com – Tiga Santri MA Dafi Sidoarjo tembus dan lolos seleksi ke Perguruan Tinggi di Negara Mesir dan Maroko. Hal tersebut menjadi satu kebanggan bagi para santri, tentunya dengan predikat santri, mereka bisa menembus cakrawala pendidikan Internasional.

Pengumuman kelolosan ketiga santri MA Dafi Sidoarjo tersebut diumumkan langsung oleh Kementerian Agama Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam yang mengumumkan hasil seleksi bagi calon mahasiswa baru, baik dari jalur beasiswa maupun non beasiswa S1 yang akan diterima di perguruan tinggi negeri di Mesir dan Maroko Tahun 2021 ini.

Bacaan Lainnya

Pada kesempatan tahun ini terdapat 3 santri dari MA Dafi Sidoarjo yang lolos masuk Universitas Al Azhar. Yaitu Sholahhuddin Al Ayyubi dari UIN Maulana Malik Ibrahim, Ahmad Daris Azaki, UIN Sunan Ampel Surabaya, dan Muhammad Husein UIN Sunan Ampel Surabaya, Selasa (11/5/2021) lalu.

Salah satu santri yang lolos, Sholahhuddin Al Ayyubi mengatakan bahwa ia sejak kecil sudah menenamkan keinginannya untuk bisa mewujudkan belajar di luar negeri

“Alhamdulillah atas izin Allah SWT, saya diterima di Universitas Al-Azhar Mesir. Mohon doanya untuk bisa menuntut ilmu dengan lancar ” ucap Shalahuddin, Kamis (10/6/2021).

Dikonfirmasi awakmedia, Guru Pembimbing MA Dafi Sidoarjo, Ustadz Khoirul Anam, Lc menjelaskan bahwa penyelenggara seluruh rangkaian pembelajaran dari beasiswa dan non beasiswa tersebut adalah Kementerian Agama Pusat.

“Pastinya penyelenggar beasiswa dan non beasiswa adalah Kemenag pusat. Untuk jumlah yang mengikuti seleksi pastinya banyak, perkiraan 50 ribuan lebih karena se- Indonesia,” ungkapnya.

Lebih lanjut, ia menambahkan bahwa persiapan yang ditempuh untuk para santri atau anak didiknya yang lolos seleksi ini adalah pematangan dan pendalaman bahasa arab.

“Persiapannya sendiri adalah mematangkan pemahaman bahasa Arab dengan baik. Meliputi penguasaan kemampuan menulis, mendengar, membaca dan berbicara bahasa arab, sehingga sangat penting penambahan karena akan ada kosa kata baru setiap hari. Disamping itu juga harua menguasai kaidah nahwu dan sharaf dengan baik dan tepat,” Tambah Ustadz Khoirul Anam.

Dalam akhir sambutannya pihak MA Dafi Sidoarjo berpesan kepada ketiga santri yang telah lolos seleksi dan diterima di perguruan tinggi Negara Mesir dan Maroko tersebut untuk tetap meningkatkan kemampuan untuk bersaing dalam dunia pendidikan

Waka Kurikulum MA Dafi Sidoarjo, Deni Fatkhur Rohkman mengucap syukur tiada henti dan memberikan semangat kepada ketiga santrinya. Ia mengatakan bahwa istiqomah adalah kunci dalam keberhasilan.

“Barakallah, selamat untuk mas Ayyub, mas Husein, dan mas Darris yang sudah menggapai salah satu keinginan besarnya, yaitu menjadi mahasiswa di Al Azhar, Mesir. Dari sini terlihat jelas bahwa istiqomah dan kerja keras tidak akan mengkhianati hasil,” Pungkasnya. (fajar)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *