Sah! Jamu Indonesia Masuk Warisan Takbenda UNESCO, Simak Manfaat Minum Jamu Tradisional

Jakarta, Lini Indonesia – UNESCO resmi menetapkan jamu sebagai warisan budaya tak benda. Hal ini ditetapkan pada sidang ke-18 Intergovernmental Committee for the Safeguarding of the Intangible Cultural Heritage, Rabu (6/12/2023).

Sebelumnya, Indonesia juga telah berhasil mencatatkan 12 Warisan Budaya Takbenda Dunia UNESCO, yaitu Wayang (2008), Keris (2008), Batik (2009), Pendidikan dan Pelatihan Membatik (2009), Angklung (2010), Tari Saman (2011), Noken (2012), Tiga Genre Tari Bali (2015), Kapal Pinisi (2017), Tradisi Pencak Silat (2019), Pantun (2020), dan Gamelan (2021).

Bacaan Lainnya

Budaya Sehat Jamu resmi menjadi Warisan Budaya Takbenda (WBTb) dari Indonesia ke-13 yang diinskripsi ke dalam daftar WBTb UNESCO. Lantas apa saja manfaat jamu, berikut sejumlah ulasannya.

  1. Kencur

Kencur terkenal dengan sifat antioksidannya dan kaya akan kandungan fenol, tanin, flavonoid, saponin, dan alkaloid ini merupakan solusi alami untuk masalah pencernaan, kolesterol tinggi, dan peradangan.

Kencur juga mengandung senyawa bioaktif gingerol yang bermanfaat untuk kesehatan. Senyawa anti-inflamasi dan antioksidan ini dapat mengurangi stres oksidatif dengan menghilangkan radikal bebas dari tubuh.

  1. Temulawak

Sejak dahulu temulawak dikenal dan dipercaya memiliki khasiat untuk meningkatkan nafsu makan anak. Selain itu, antioksidan dalam temulawak juga mampu menghambat pertumbuhan dan perkembangan sel kanker, serta paling ampuh untuk melancarkan peredaran darah.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *