Curhat Warga Indonesia yang Kesulitan Cari Kerja di Jakarta Karena Usia 30 Tahun

Jakarta, Lini Indonesia – Pekerja berusia di atas 30 tahun mengalami kesulitan dalam mencari pekerjaan di Jakarta karena kebanyakan perusahaan menetapkan batas usia maksimal sekitar 25 tahun bagi calon pegawai.

Hal ini disampaikan oleh Novri (36), seorang mantan supervisor di bidang keuangan yang telah berhenti bekerja sejak November 2022.

Bacaan Lainnya

“Kayaknya di Indonesia tuh usia penting banget, padahal belum tentu. Harusnya kan dilihat dari pengalaman pelamar bagaimana,” ujar Novri di Mega Career Expo di Smesco Exhibition Hall, Jakarta, dikutip dari Kompas, Jum’at (23/2/2024).

Novri mengungkapkan bahwa selama tujuh bulan ia aktif mencari pekerjaan, usia merupakan salah satu hambatan utama yang menghalangi dirinya untuk diterima bekerja di perusahaan yang ia lamar.

Kejutannya bertambah saat mengetahui bahwa junior yang masih berstatus mahasiswa di kampusnya berhasil diterima di posisi yang sama dengan yang ia lamar.

“Saya pernah melamar di suatu perusahaan, terus ternyata kandidat dengan usia lebih muda yang keterima. Ternyata dia junior di kampus,” ungkap Novri.

Wanita lulusan Sarjana Akuntansi Universitas Trisakti ini merasa resah karena persaingan mendapatkan pekerjaan semakin sengit.

“Setelah kejadian saya ditolak dibanding junior sendiri, jadi entah apa sebenarnya pertimbangan perusahaan. Mungkin segi usia, salary, gender, saya juga enggak tahu,” ujarnya.

“Usia di atas 30 itu kan masih sangat produktif, bahkan sampai usia 50. Jadi kenapa usia dijadikan patokan?” imbuhnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *