Sah! Jamu Indonesia Masuk Warisan Takbenda UNESCO, Simak Manfaat Minum Jamu Tradisional

Temulawak juga mengandung xantorrhizol yang bermanfaat sebagai antibakteri serta mengatasi sakit seperti masalah lambung, sakit kandung empedu, hati, dll.

  1. Beras Kencur

Jamu beras kencur pada umumnya terbuat dari campuran beras, kencur, jahe, asam jawa, gula jawa, dan pandan sehingga menghasilkan rasa yang manis. Jamu ini cocok untuk orang yang tidak terlalu suka rasa pahit.

Bacaan Lainnya

Jamu beras kencur bermanfaat untuk meredakan bengkak, membantu mengatasi batuk, anti-diare, mengatasi stres, dan membantu menjaga kadar gula darah.

  1. Brotowali

Brotowali mengandung zat fitokimia, yaitu alkaloid, flavonoid, flavon glikosida, triterpen, diterpen, diterpen glikosida, firoditerpen, lakton, sterol, dan lignan.

Brotowali dipercaya dapat menjaga kadar gula darah dalam tubuh, mencegah aterosklerosis, menurunkan tekanan darah tinggi, serta mengatasi beberapa permasalahan kulit.

  1. Jahe

Jahe menjadi salah satu minuman jamu favorit pasalnya aroma yang dihasilkan dapat memberikan kenyamanan pada tenggorokan. Konsumsi jahe bisa mengurangi rasa mual di pagi hari pada ibu hamil. Jahe juga berkhasiat mengobati radang sendi, perut kembung, dan nyeri saat menstruasi.(NA)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *