Jokowi Ajak Warga Persiapkan Diri dari Pandemi Menuju Endemi Covid 19

Jakarta, liniindonesia.com – Kasus Covid-19 di tanah air cenderung menurun akhir-akhir ini. Berdasarkan kondisi ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak seluruh warga Indonesia untuk mempersiapkan diri dari pandemi menuju endemi Covid-19.

Dari data yang dikeluarkan pemerintah, angka kasus Covid019 dalam berapa waktu belakangan ini sudah di bawah 10.000 kasus. Jokowi mengingatkan, meski kondisinya sudah membaik, namun Covid-19 tidak akan hilang dalam waktu dekat. Sehingga menurutnya akan lebih baik jika masyarakat bersiap hidup bersama dan berdampingan dengan Covid-19.

Bacaan Lainnya

“Penerapan protokol kesehatan secara ketat dan vaksinasi sejauh ini merupakan cara terbaik dalam melindungi diri dari penyebaran covid-19.Covid-19 ini tidak akan hilang dalam waktu dekat. Masyarakat pun harus siap hidup berdampingan dengan virus tersebut,” katanya pada akun Instagram @Jokowi.

Kemudian, dia juga mengatakan bahwa penurunan kasus saat ini tidak boleh ada euforia berlebihan. Menurutnya saat ini adalah waktu yang tepat untuk mulai mempersiapkan proses transisi dari pandemi ke endemi.

Ini perlu saya ingatkan karena kita harus mulai menyiapkan proses transisi dari pandemi ke endemi. Tidak boleh ada euforia yang berlebihan, karena Covid-19 masih ada dan selalu mengintip dan menunggu kelengahan kita. Protokol kesehatan harus terus dilakukan, terutama memakai masker,” paparnya.

Sebelumnya Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin mengatakan bahwa saat ini pemerintah tengah menyiapkan skenario untuk menghadapi masa endemi covid-19. Menurutnya sebagaimana yang berbagai pihak katakan bahwa Covid-19 tidak akan hilang kecuali ada obat yang manjur.

Secara lebih detailnya itu memang sedang disiapkan skenarionya seperti apa. Tapi pokok-pokoknya seperti itu. Ya penerapan protokol kesehatan tetap berlanjut. Kemudian juga vaksinasi sampai tiga kali. Ini yang sekarang dilakukan oleh pemerintah,” ujarnya.

Dia menegaskan bahwa protokol kesehatan akan terus dilaksanakan. Termasuk juga menggenjot capaian vaksinasi. “Karena itu maka kita akan terus menerapkan protokol kesehatan dan melakukan terus vaksinasi,” tuturnya. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *