Walkot Hendi Minta PLN Semarang Masukkan Kabel ke Bawah Tanah

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi mendorong PLN UP3 Semarang dapat memberikan kepastian supply listrik untuk meningkatkan nilai investasi di Kota Semarang. (Foto IST)

Semarang, liniindonesia – Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi mendorong PLN UP3 Semarang dapat memberikan kepastian supply listrik untuk meningkatkan nilai investasi di Kota Semarang. Hal tersebut disampaikan Wali Kota Semarang yang akrab disapa Hendi tersebut kepada jajaran PLN UP3 Semarang dalam kegiatan Multi Stakeholder Forum PT. PLN (Persero) UP3 Semarang beberapa waktu lalu di Balaikota Semarang.

Hendi menekankan, ketersediaan listrik menjadi salah satu hal yang menjadi pertimbangan calon investor yang ingin berinvestasi di ibu kota Jawa Tengah. “Pada saat kami jualan Kota Semarang, yang ditanyakan oleh investor pertama adalah perijinan, kemudian infrastukturnya lalu listriknya bagaimana tersedia tidak untuk kita,” terang Hendi.

Bacaan Lainnya

Untuk itu menurut Wali Kota Semarang tersebut, kapasitas pasokan listrik oleh PLN dapat sangat berpengaruh untuk menarik semakin banyak investor masuk ke wilayah yang dipimpinnya, dimana ujungnya dapat mendorong kemajuan Kota Semarang. “Ini yang bisa menjawab kebutuhan teman-teman industri hari ini adalah PLN. Apabila PLN bisa support tentu akan semakin banyak investasi masuk ke Kota Semarang, sehingga semakin banyak PAD masuk warganya semakin sejahtera,” ujar Hendi.

Sementara itu, tak hanya soal pasokan listrik, Hendi juga meminta dukungan partisipasi PLN dalam program pembangunan Kota Semarang, salah satunya terkait terkait program jaringan kabel bawah tanah (ducting). “Kita sedang merintis kabel listrik ducting atau bawah tanah. Beberapa sudah kita buat. Mudah-mudahan PLN bisa mendukung dengan ikut memasukan kabel listrik ke dalam. Pasti keren sekali jika Semarang sama sekali tidak ada kabel di udara,” pinta Hendi.

Pasalnya menurut Hendi, selain mengurangi estetikan kota, adanya kabel di udara membuat kecenderungan adanya pemotongan pohon di Kota Semarang agar jaringan kabel tidak terganggu. Maka dari itu dirinya berharap ada solusi lain yang bisa dilakukan oleh PLN dalam pemeliharaan jaringannya, sebelum nantinya dapat turut serta dalam program kabel bawah tanah yang sedang dirintisnya.

Hendi pun mendorong adanya inisiasi – inisiasi inovasi agar kegiatan PLN UP3 Semarang dapat selaras dengan semangat pembangunan yang diusung Pemerintah Kota Semarang saat ini. Dimana seperti yang diketahui saat ini penghijauan menjadi salah satu fokus Kota Semarang di bawah kepemimpinan Hendi. “Kita menginginkan Kota Semarang bisa punya pohon yang besar menjulang, sehingga Kota Semarang bisa bertambah asri,” tegasnya. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *