Basket Tanah Air Cetak Sejarah Baru Melalui Kartika Siti Aminah

Jakarta, Lini Indonesia – Kartika Siti Aminah atau akrab disapa Ika mencatat sejarah baru dalam kompetisi tertinggi bola basket tanah air, Indonesia Basketball League (IBL). Ia menjadi pelatih perempuan pertama di ajang IBL dengan menahkodai tim DNA Bima Perkasa Jogja. Ika memulai debutnya pada Minggu, (30/1/2022) lalu.

Ika dikenal sudah menggeluti basket sejak kecil, bahkan ia pernah bermain sampai di level Kompetisi Bola Basket Wanita (Kobanita) bersama Rajawali Sakti.

Setelah pensiun sekitar tahun 2008, ia baru memulai kariernya menjadi pelatih dengan menjadi pelatih di DBL. Dilansir dari mainbasket.com, Ika melatih ditingkat SMA yang saat itu di SMA Frateran Surabaya.

Setelah itu barulah ia mulai melanglang buana dengan melatih diberbagai tempat seperti tim putri Universitas Airlangga, PON Jawa Timur putri, Universitas Gadjah Mada (UGM), PON DIY, Surabay Fever sampai akhirnya di Bima Perkasa Jogja. Bergabungnya Ika dengan Bima Perkasa Jogja bisa dikatakan singkat.

Melalui ceritanya, ia menyebut basket Yogyakarta bisa dikatakan old fashion. Lalu, saat itu ia melatih tim UGM dengan menerapkan basket yang lebih modern yang dipelajarinya dari Surabaya.

Dengan melihat hal itu serta berbagai pengalaman yang dimiliki Ika, Bima Perkasa tertarik untuk merekrutnya yang diharapkan dapat membantu tim lebih profesional lagi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *