Forum U20, Gubernur Anies Bicara Konsep Jakarta Sebagai Kota Berkelanjutan

U20 Wadah Best Practice, Jakarta Akan Bawa Pengalaman Menata Kota Berkelanjutan. foto:istimewa

Jakarta, Lini Indonesia – Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengungkapkan, U20 Mayors Summit menjadi wadah best practice kota-kota di dunia untuk saling bertukar pikiran dan pengalaman. 

Jakarta sendiri, akan membawa pengalaman menata kota berkelanjutan. Selama pandemi, muncul pembelajaran bahwa ketahanan kota dan kesehatan masyarakat harus menjadi tulang punggung dalam melangkah ke depan. Di sisi lain, pandemi juga mendatangkan peluang untuk melakukan redefinisi kota.

Bacaan Lainnya

“Sama seperti pandemi, saat ini kita harus hidup berdampingan dengan lingkungan yang senantiasa berubah akibat perubahan iklim. Aksi mitigasi dan adaptasi harus tetap digencarkan dalam rangka mencapai dekarbonisasi yang kita cita-citakan bersama. Jakarta akan membawa pengalaman dalam mengintegrasikan transportasi publik yang berdampak pada penurunan kemacetan dan penurunan emisi karbon,“ ungkapnya dalam Bincang U20: Isu Perkotaan pada Presidensi G20 bersama sejumlah tokoh bangsa seperti dikutip dari Siaran Pers PPID DKI Jakarta, Kamis (17/2/2022).

Gubernur Anies menyatakan, Jakarta berkomitmen dalam mendorong transisi menuju net zero emission dengan memperkuat sistem transportasi publik sebagai tulang belakang wahana pergerakan warga Jakarta.

Melalui sistem integrasi transportasi JakLingko dan revitalisasi pelebaran trotoar, penggunaan bus listrik dan penyediaan jalur sepeda, diharapkan dapat meningkatkan minat warga beralih dari kendaraan pribadi dan ikut berpartisipasi mewujudkan kota rendah emisi. 

Di samping itu, berbagai akselerasi terjadi selama pandemi, salah satunya peningkatan digitalisasi. Saat pandemi, lompatan penggunaan teknologi sangat terasa. Pembatasan interaksi sosial juga menuntut warga beraktivitas dari rumah.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *