Waspada, BMKG: 2 Hari ke Depan Hujan Angin di Jakarta-Kalimantan dan Sulawesi

Gambar ilustrasi/istimewa

Jakarta, Lini Indonesia – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan potensi angin kencang bakal melanda di sejumlah wilayah Indonesia pada dua hari ke depan. Menurut Deputi Bidang Meteorologi, Guswanto, fenomena angin kencang hingga lebih dari 30 km/jam masih dapat berpotensi terjadi untuk dua hari ini khususnya di wilayah Banten, Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek), Kalimantan Tengah bagian selatan, Kalimantan Selatan, dan Sulawesi Selatan.

“Kondisi tersebut dipicu oleh adanya pola sirkulasi siklonik di wilayah perairan Laut Timor yang membentuk pola pertemuan angin di wilayah Lampung, Banten, Jabodetabek, hingga ke wilayah Kalimantan bagian selatan, Sulawesi dan Nusa Tenggara, sehingga memicu terjadi potensi angin kencang di wilayah tersebut,” ungkap Guswanto dalam keterangan yang diterima, dilansir dari okezone, Senin (7/3/2022).

Bacaan Lainnya

Dirinya juga menambahkan sebagian besar wilayah Indonesia mulai memasuki periode peralihan musim dari musim hujan ke musim kemarau atau yang dikenal dengan periode Pancaroba di periode Maret-April. 

“Selama periode tersebut masyarakat diimbau untuk tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem seperti hujan lebat dalam durasi singkat yang dapat disertai angin kencang dan petir/kilat, puting beliung, waterspout, hujan, dan lainnya,” jelasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *