3.000 Penumpang Luar Negeri/Hari Masuk Bandara Soetta

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin (Foto IST)

Tangerang, liniindonesia – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyebut ada sekitar 3.000 orang per hari yang datang ke Tanah Air. 

Hal itu dilayangkan saat berkunjung ke Bandara Soekarno Hatta (Soetta), Tangerang, Jumat (24/12/2021). 

Bacaan Lainnya

“Rekan-rekan Indonesia yang datang dari luar negeri, yang 3.000 orang per hari atau sekitar 100 ribu per bulan. Terlepas mereka pekerja migran Indonesia atau mereka liburan, tolong pahamilah kenapa kita mesti karantina Anda sepuluh hari, karena 100 ribu orang ini bisa membahayakan 270 juta rakyat Indonesia kalau kemudian kita lolos,” urainya kepada rri.co.id. 

“Jadi tolong pengertiannya, agar teman-teman untuk yang sebagian bisa ke luar negeri, kalau kembali, disiplinlah karantina untuk melindungi teman-teman kita 270 juta rakyat Indonesia yang sampai saat ini kondisinya sudah lebih baik,” tambahnya. 

Dalam kesempatan itu, Budi juga tidak luput memberi perhatian atas masukan masyarakat dalam beberapa hari lalu yang sempat viral di media sosial. 

Menurutnya, penumpukan penumpang dan adanya ‘calo’ hotel saat ini dipastikan tidak ada.

“Jadi kami sudah cek tadi kita sudah pastikan antreannya sudah lebih cepat dan tidak berjubel. Dan juga kita pastikan bahwa harga hotelnya sudah dibikin transparan oleh BNPB. Semua orang bisa melihat dan menggunakan sistem, jadi terkontrol,” ucapnya. 

Budi menjelaskan, tujuannya mengecek ke Bandara Soetta karena kasus probable varian Omicron di titik masuk ke Tanah Air adalah yang paling tinggi. Dia mencontohkan bagaimana Inggris saat ini sudah mencatat 100 ribu kasus Covid-19 varian Omicron. 

“Negara dengan seperempat populasi kita kasus hariannya sudah dua kali pada saat puncak Indonesia di bulan Juli kemarin 50 ribu. Jadi benar-benar ini harus dijaga dengan sangat hati-hati,” imbuhnya. 

Diberitakan sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menegaskan jangan ada lagi kasus yang melanggar kekarantinaan kesehatan. 

Oleh sebab itu, dirinya langsung mengecek proses penegakan protokol kesehatan (prokes) terhadap pelaku perjalanan internasional  yang masuk melalui Bandara Soekarno Hatta atau Soetta, Tangerang, Jumat (24/12/2021). 

Dalam tinjauannya di H-1 perayaan Natal, Sigit menyatakan, ada 14 tahapan yang akan dilewati oleh para pelaku perjalanan internasional ketika masuk ke Indonesia melalui Bandara Soetta. Proses itu dimulai dari pemeriksaan hingga melakukan masa karantina wajib selama 10 hari. 

“Baru saja kami melaksanakan pengecekan secara langsung untuk mengetahui proses pemeriksaan terkait dengan kedatangan saudara-saudara kita pelaku perjalanan internasional. Secara umum kita lihat ada 14 tahapan yang harus dilalui. Mulai saat masuk kemudian dilaksanakan pemeriksaan awal sampai dengan tahap terakhir diarahkan menuju hotel atau wisma untuk melaksanakan karantina,” ungkapnya. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *