Catat! Bagi Pemudik Disarankan Boster 2 Minggu Sebelum Perjalanan

Jakarta, Lini Indonesia – Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito meminta pemudik untuk memenuhi dosis vaksinasi booster minimal dua minggu sebelum perjalanan. 

“Diimbau kepada masyarakat segera memenuhi dosis vaksinasi lengkap maupun booster sekurang-kurangnya dua minggu khususnya sebelum menjalankan kegiatan sosial berskala besar seperti mudik,” kata Wiku dalam konferensi pers “Perkembangan Penanganan COVID-19 di Indonesia”, Selasa (5/4/2022).

Bacaan Lainnya

Wiku mengatakan, waktu dua minggu itu agar dapat membentuk imunitas pada tubuh seseorang setelah divaksin. 

“Imunitas tidak bisa serta-merta terbentuk secara instan, para ahli imunologi sepakat bahwa proses pembentukan antibodi dalam tubuh rata-rata memakan waktu satu sampai dua minggu setelah penyuntikan,” katanya.

Oleh karenanya, dia meminta masyarakat segera memenuhi vaksinasi dosis vaksin lengkap atau booster. 

“Fakta ini seharusnya dapat menjadi penyemangat kita untuk segera divaksin dosis penuh dan booster untuk semakin siap beraktivitas dalam kondisi sehat secara optimal,” katanya.

Selain itu, masyarakat juga diminta untuk selalu patuh menjalankan protokol kesehatan.Masyarakat juga diminta untuk bersikap jujur dengan tidak bepergian jika sedang dalam kondisi sakit.

“Dimohon setiap pelaku perjalanan dapat bersikap jujur yaitu dengan tidak bepergian jika sakit,” katanya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *