Survei Indikator: Elektabilitas Partai di Pemilu 2024, PDIP-Gerindra Bersaing Ketat, PPP dan PSI Terancam Tak lolos

Jakarta, Lini Indonesia – Hasil survei terbaru dari Indikator Politik Indonesia menunjukkan bahwa terdapat 10 partai yang menghadapi ancaman untuk tidak melebihi ambang batas parlemen sebesar 4 persen dan kemungkinan gagal masuk DPR dalam Pemilu 2024.

Di antara partai-partai tersebut, PPP memiliki elektabilitas sebesar 2,2 persen. Diikuti oleh PSI dengan 2 persen, dan Perindo dengan 1,2 persen.

Bacaan Lainnya

Meskipun demikian, Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi, menyatakan bahwa ketiga partai tersebut masih memiliki kesempatan untuk mendapatkan kursi di parlemen.

“Ada dua partai yang bisa masuk bisa tidak yaitu PPP dan PSI, termasuk juga Perindo. Tapi per hari ini PPP dan PSI di bawah 4 persen parliamentary threshold. Artinya secara umum memang masih ada waktu buat kedua partai ini untuk menciptakan kejutan,” ujarnya dalam konferensi pers dikutip dari CNN, Sabtu (10/2/2024).

Beberapa partai lain yang diperkirakan tidak akan melebihi ambang batas parlemen adalah Gelora dengan elektabilitas 0,4 persen, Ummat 0,3 persen, Hanura 0,3 persen, PBB 0,2 persen, Partai Buruh 0,01 persen, Garuda 0,1 persen, dan PKN 0 persen.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *