Prabowo Sebut Singkong Hingga Tebu Bisa Jadi BBM Bensin, Begini Caranya

Jakarta, Lini Indonesia – Menurut Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, etanol yang dihasilkan dari berbagai tanaman seperti sawit, singkong, dan tebu memiliki potensi sebagai alternatif pengganti Bahan Bakar Minyak (BBM) bensin.

Prabowo mengungkapkan pandangannya dalam pidato akademisnya saat Wisuda Universitas Kebangsaan Republik Indonesia (UKRI) di Bandung, Jawa Barat, bahwa Indonesia memiliki potensi untuk mencapai swasembada energi dan membuat negara lain iri.

Bacaan Lainnya

“Kita nanti green energy dan kita akan swasembada energi bensin, dari mana? Dari etanol, etanol dari mana? Dari tebu dan singkong,” ujarnya pada Kamis (29/2/2024) dikutip dari Antara.

Energi terbarukan dapat diperoleh dari berbagai tanaman yang tumbuh subur di Indonesia, sehingga di masa mendatang tidak perlu lagi mengandalkan bahan baku fosil untuk memenuhi kebutuhan energi.

Singkong, yang biasanya diolah menjadi makanan ringan, dapat dijadikan bahan baku untuk menghasilkan Bioetanol, yang merupakan jenis bahan bakar alternatif untuk Bahan Bakar Minyak (BBM).

Bioetanol ini dihasilkan dari zat nabati yang terdapat dalam singkong, seperti gula, pati, atau selulosa.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *