Ingin Tiru Malaysia, PSI Dorong Jokowi jadi Ketua Koalisi Permanen

Jakarta, Lini Indonesia – Jeffrie Geovanie, Ketua Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI), menyatakan keinginannya untuk mencontoh Malaysia dengan mendirikan koalisi permanen bernama ‘Barisan Nasional’ atau ‘Barisan Rakyat’ di Indonesia.

Dalam koalisi tersebut, Jeffrie mengusulkan Presiden Joko Widodo sebagai ketua. Menurutnya, koalisi permanen harus memiliki keterkaitan dari tingkat partai pusat hingga daerah.

Bacaan Lainnya

“Saya berkali-kali bilang sama tokoh, penting kita lahirkan sebuah konsep koalisi permanen yang bisa kita tiru nama seperti barisan nasional di Malaysia. Atau kita bisa pakai nama barisan rakyat,” ujar Jeffrie di YouTube Zulfan Lindan Unpacking.

“Intinya koalisi ini beda dari koalisi di tingkat pusat, koalisi ini harus dari level pusat sampai kabupaten kota,” imbuhnya.

Ia berharap bahwa dalam koalisi tersebut, tidak akan ada praktik politik transaksional dalam pemilihan kepala daerah. Rencananya, koalisi akan menyelenggarakan konvensi untuk mengusung calon kepala daerah mereka secara adil.

“Dugaan saya akan banyak nanti pilkada di mana pemenang konvensi barisan nasional ini pemenang pilkada. Kenapa? Karena dia didukung oleh majority kekuatan nasional,” ujar Jeffrie.

Jeffrie menyatakan bahwa koalisi permanen akan menjadi bagian dari koalisi Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming. Hal ini bertujuan untuk memberikan kekuatan politik kepada koalisi Prabowo-Gibran hingga tingkat daerah.

Lebih lanjut, Jeffrie juga mengatakan bahwa koalisi ini akan menghadapi partai-partai oposisi yang sama di tingkat nasional. Dia yakin bahwa konsep ini akan membawa Indonesia menuju kemajuan pada tahun 2045.

Jeffrie menyatakan bahwa gagasan ini dapat diawali oleh partai-partai besar terlebih dahulu, dengan kemungkinan hanya menyisakan satu atau dua partai sebagai oposisi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *