Daftar Makanan Enak Disantap Saat Musim Hujan

Daftar Makanan Enak Disantap Saat Musim Hujan. foto:istimewa

Siapa yang tidak tahu soto. Makanan berkuah kuning ini memiliki berbagai variasi di setiap daerah. Namun secara umum, soto ayam dimasak menggunakan kunyit dan jahe. Masakan dengan jahe di dalamnya cocok sekali disantap ketika cuaca sedang dingin atau hujan.

Sebab jahe bekerja untuk menghangatkan tubuh dari dalam dan menstimulus produksi keringat. Terlebih, jahe memiliki kandungan antiinflamasi dan antibakteri yang membantu mengatasi hidung tersumbat, mual, pilek, dan demam.

Serupa, kandungan curcumin dalam kunyit membantu meningkatkan resistensi sel terhadap kerusakan, infeksi, dan peradangan. Karenanya, seporsi soto hangat menjadi hidangan ideal yang disantap ketika musim hujan.

5. Rawon

Hidangan rawon. Makanan khas Jawa Timur ini merupakan sejenis sup daging dengan kuah hitam pekat. Warna hitam kuahnya berasal dari kluwek atau pucung. Kluwek merupakan biji yang berasal dari tanaman kepayang.

Kluwek memberikan cita rasa dan aroma masakan yang sedap dan gurih.

Nah di balik pekat warnanya, kluwek mengandung zat besi dan vitamin C yang mampu menjaga vitalitas. Vitamin C dikenal sebagai sumber antioksidan yang bisa meningkatkan daya tahan supaya tubuh tidak rentan sakit dan terserang virus.

Ditambah lagi, kluwek memiliki sifat antiseptik dan tanin alias zat antimikroba yang ampuh untuk menyehatkan sistem pencernaan dan menawar racun.

  1. Sayur Asem

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *